nusabali

DPR RI Setujui Naturalisasi Tiga Pemain Timnas

  • www.nusabali.com-dpr-ri-setujui-naturalisasi-tiga-pemain-timnas

JAKARTA, NusaBali - Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi tiga pemain timnas sepakbola Indonesia dalam Rapat Kerja (Raker) yang dipimpin Wakil Ketua, Habiburokhman. Ketiga pemain itu, yakni Ragnar Antonius Maria Oratmangoen, Thom Jan Marinus Haye, dan Maarten Vincent Paes.

"Apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Indonesia atas nama Ragnar Antonius Maria Oratmangoen, Thom Jan Marinus Haye dan Maarten Vincent Paes," ujar Habiburokhman, saat Raker Komisi III DPR RI dengan Ad Interim Menpora di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/3).

Para Anggota Komisi III DPR RI yang hadir pun menjawab setuju. Menurut Habiburokhman, proses natularisasi untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sebelumnya, perwakilan masing-masing fraksi telah menyampaikan pandangan mereka mengenai naturalisasi.

Foto: Tiga pemain timnas yang dinaturalisasi hadir secara zoom saat Raker dengan Komisi III DPR RI, Kamis (7/3). -IST

Selain itu, Wamenkominfo yang mewakili Menpora, Nezar Patria menjelaskan, naturalusasi dilakukan karena timnas Indonesia membutuhkan penjaga gawang, pemain sayap, gelandang tengah atau penyerang.  Karena itu, pelatih timnas mengajukan naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia tersebut, yakni Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes. 

Maarten Paes adalah penjaga gawang dan bermain di FC Dallas, AS. Dia memiliki pengalaman internasional sebagai pemain muda mewakili Tim Belanda U-19 hingga U-21. Maarten Paes kelahiran, Nijmegen, 14 Mei 1988. Dia memiliki keturunan Indonesia dari kakek ayahnya yang kelahiran Pare, 20 Maret 1940. 

Sedangkan Thom Haye gelandang tengah. Saat ini dia bermain dan jadi kapten klub SC Heerenveen. Thom Haye kelahiran Amsterdam, 9 Februari 1995. Dia memiliki keturunan dari kakek ayahnya yang lahir di Solo, 30 Desember 1925.

Sedangkan Ragnar Oratmangoen merupakan pemain sayap, gelandang tengah atau penyerang.  Dia kelahiran Oss, 21 Januari 1998. Dia memiliki keturunan dari kakak ayahnya yang lahir di Larat, 3 November 1925. k22

Komentar