nusabali

Ki Ageng Wanaswara: Peduli Lingkungan dari Banjar Batur Ubung

  • www.nusabali.com-ki-ageng-wanaswara-peduli-lingkungan-dari-banjar-batur-ubung

DENPASAR, NusaBali.com - Ogoh-ogoh ST Eka Bhuwana, Banjar Batur, Ubung, Denpasar Utara, yang berjudul ‘Ki Ageng Wanaswara’ menarik perhatian dengan maknanya yang mendalam. Ogoh-ogoh ini mengangkat tema kepedulian terhadap lingkungan.

Satria Adi Arsana, undagi ogoh-ogoh berbiaya Rp 17 juta ini , mengaku puas dengan penilaian juri yang detail.

"Penilaian ogoh-ogoh kemarin perasaan saya sangat puas dengan penilaian juri yang detail," ungkapnya.

Pada tahun 2024 ini, ST Eka Bhuwana mengangkat tema Ki Ageng Wanaswara, seorang legenda yang memiliki kesaktian dan mampu berkomunikasi dengan hewan. Ogoh-ogoh ini menggambarkan Ki Ageng Wanaswara yang sedang marah karena hutannya dirusak oleh manusia.

Bagian terumit dari ogoh-ogoh ini adalah bagian jeriji dan tapel. Ogoh-ogoh ini memiliki tinggi 3,6 meter, lebar 2 meter, dan dibuat tanpa mesin, mengikuti gaya tradisional Bali.

Satria Adi Arsana menceritakan suka dan dukanya dalam proses pembuatan ogoh-ogoh.

"Sukanya banyak dapet sponsor dan dukungan sehingga ogoh ogoh viral. Dukanya pemuda susah diajak ke banjar," ungkapnya.

Anom Ramantha Diana, Ketua ST Eka Bhuwana, berharap agar semua pemuda pemudi dapat berpartisipasi dalam melestarikan budaya ogoh-ogoh.

"Harapan saya semua pemuda pemudi maupun yang sudah tidak masuk ST masih bisa ikut berpartisipasi melestarikan budaya ogoh-ogoh dan selalu men support anak muda agar berkembang berkarya," harapnya.

Anom Ramantha Diana menjelaskan alasan di balik tema ogoh-ogoh tahun ini. "Lingkungan adalah alasan utama, seperti sekarang cuaca panas yang seharusnya musim hujan menjadi panas extreme dikarenakan nya pohon pohon sering ditebang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tidak melakukan reboisasi," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan antusiasmenya terhadap pergelaran lomba ogoh-ogoh. "Adanya pergelaran lomba ogoh-ogoh khususnya di Denpasar sangat antusias karena memicu kreativitas anak muda selalu berkembang dan bisa bersaing dengan karya seni lainnya," imbuhnya. *m03

Komentar