nusabali

Amankan Rekapitulasi Suara Pemilu, Polres Jembrana Kerahkan 99 Personel

  • www.nusabali.com-amankan-rekapitulasi-suara-pemilu-polres-jembrana-kerahkan-99-personel

NEGARA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten, di Gedung Mendopo Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Senin (4/3). Pelaksanaan rekapitulasi itu mendapat pengawalan ketat dari pihak Polres Jembrana.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, mengatakan guna mengamankan pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kabupaten itu pihaknya mengerahkan sebanyak 99 personel. Puluhan personel tersebut melakukan pengaman di area sekitar termasuk melakukan pemeriksaan di pintu masuk lokasi acara. 

Setiap orang yang masuk ataupun ke luar dari lokasi acara diwajibkan menjalani pemeriksaan barang bawaan. Itu untuk memastikan tidak ada yang membawa barang terlarang. “Kami melaksanakan pengamanan sesuai dengan protap. Seperti pengecekan para undangan maupun orang yang ke luar-masuk dengan menggunakan alat detektor untuk mendeteksi logam,” kata AKBP Endang.

Dalam upaya meminimalisir ataupun mencegah gangguan, pihaknya juga hanya mengaktifkan satu pintu untuk akses keluar-masuk lokasi acara. Pintu yang dibuka hanyalah pintu utama yang ada di sebelah utara. Sedangkan pintu yang di timur ditutup dan juga tetap dijaga petugas. 

“Sebelum kegiatan rekapitulasi, kami juga laksanakan sterilisasi untuk mencegah gangguan. Termasuk kendaraan taktis kami siagakan. Semua kami siapkan mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan,” ujar AKBP Endang.

Selain Polres, AKBP Endang mengatakan, pihaknya juga dibackup TNI dari Kodim 1617/Jembrana. “Dengan kehadiran kami berdua, menunjukkan pilar negara ini hadir memberikan rasa aman dan nyaman kepada para warga. Khususnya warga yang ingin datang melihat bagaimana pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten ini,” kata mantan Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Bali ini. 7 ode

Komentar