nusabali

Koster Kunjungi Bali United Training Center

Disambut Antusias Anak-anak Peserta Barati Cup 2024

  • www.nusabali.com-koster-kunjungi-bali-united-training-center

GIANYAR, NusaBali - Gubernur Bali periode 2018-2023, Wayan Koster berkunjung ke Bali United Training Center Pantai Purnama Gianyar, Minggu (3/3). Kebetulan saat itu sebanyak 2.300 anak dari seluruh Indonesia ada di markas Bali United untuk menjadi peserta Barati Cup 2024. Mereka berkompetisi menjadi yang terbaik selama empat hari, 2-5 Maret 2024.

Kehadiran Koster untuk melihat progres pembangunan Bali United Training Center ini pun mendapat sambutan hangat. Bahkan anak-anak peserta Barati Cup tersebut antusias meminta foto. Sebagian anak-anak tersebut berasal dari Jawa Timur (Jatim), Bali, Jawa Barat (Jabar) dan Kapuas, Kalimantan Tengah. Koster ditemani orang nomor satu Bali United Pieter Tanuri dan talent scouting Barati Cup 2024 Indra Sjafri.

Indra Sjafri yang juga Dirtek PSSI Pusat ini akan menyeleksi 52 anak dari 2.300 peserta untuk memperkuat Timnas Muda Barati 2024 untuk tampil di Piala Dunia Usia Muda Gothia Cup 2024 di Swedia. Selain disambut hangat anak-anak yang terlihat happy bisa foto bareng, Koster juga tampak berdiskusi dengan para pelatih dan orangtua siswa SSB. Dia juga memberi apresiasi karena jauh-jauh mendukung buah hatinya bertanding di Bali.

"Bagaimana pertandingan hari ini. Semoga meraih hasil terbaik. Harus tetap semangat berlatih dan bertanding," kata Koster saat pose bareng anak-anak dan tim pelatih SSB dari Kapuas Kalteng, Malang dan Surabaya. Koster juga tak lupa memberi semangat kepada pemain usia muda Bali United yang saat itu bertanding menghadapi tim SSB asal Jakarta.

Selain anak-anak, pria asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini juga memberi support moril kepada jajaran pelatihnya yang dihuni putra lokal Bali. Ketua DPD PDIP Bali ini mengelilingi semua lokasi yang telah dan sementara dibangun Manajemen Bali United di Pantai Purnama. Mulai dari tribun penonton dan rooftop spot sunrise dan sunset Bali. Kemudian, ke ruang gym yang lengkap dengan peralatan standar FIFA dan juga ruang fisioterapi. Kemudian menuju ke tiga lapangan pertama awal yang dibangun BU. Koster juga langsung melihat muara sungai dan bibir pantai di training center yang begitu rapi dibangun breakwater penahan abrasi oleh manajemen.

Selain itu, Koster mengapresiasi tindakan BU menanam sejumlah pohon kelapa dan lainnya untuk menahan abrasi bibir pantai. Usai mengelilingi Training Center Bali United, Koster takjub melihat apa yang dilakukan manajemen di lahan seluas 30 hektare ini. "Pertama, sejak awal ketika Pak Pieter (owner BU) menyampaikan akan membangun fasilitas training center di Gianyar, saya sangat mendukung,dan memfasilitasi agar proses berjalan lancar," kata anggota DPR RI Dapil Bali dari PDIP selama tiga periode ini.

Ia mengatakan, komitmen mendukung sepakbola di Bali dan nasional telah tunjukkannya dengan memfasilitasi rehabilitasi Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan berjuang mencarikan anggaran dari APBN. Koster juga sebagai salah satu Gubernur di Indonesia yang memfasilitasi penyelenggaraan kompetisi Liga 1 Indonesia 2021/2022 seri keempat saat Indonesia masih dilanda Pandemi Covid-19. 

Koster secara pribadi merasa turut bangga dengan pencapaian manajemen Bali United setelah sembilan tahun hidup di Bali. Baginya, Bali United turut memotivasi anak-anak di Bali untuk berlatih sepakbola. Menjamurnya sekolah sepakbola (SSB) tak lepas dari kehadiran Bali United. Dua kali gelar juara Liga 1 Indonesia sebagai bukti klub milik Pieter Tanuri ini dikelola secara baik dan profesional. "Dengan dibangunnya fasilitas training center berstandar FIFA oleh manajemen Bali United, saya sangat bangga, Bali satu-satunya provinsi di Indonesia memiliki fasilitas berstandar internasional ini,” katanya. 7

Komentar