nusabali

17 Wajah Baru ‘Hiasi’ DPRD Gianyar

Mendominasi, PDIP Kuasai 32 Kursi

  • www.nusabali.com-17-wajah-baru-hiasi-dprd-gianyar

Tak hanya dominasi perolehan kursi DPRD Gianyar, PDIP juga diprediksi berjaya sapu bersih seluruh kursi DPRD Bali Dapil Gianyar yang berjumlah 6 kursi

GIANYAR, NusaBali
PDI Perjuangan (PDIP) mendominasi perolehan kursi DPRD Gianyar hasil Pemilu 2024 dengan meraih 32 kursi dari 45 total kursi DPRD Gianyar (71,11%). Selanjutnya kursi terbanyak berikutnya diraih Golkar dengan 4 kursi (8,89%), Gerindra 4 kursi (8,89%), Demokrat meloloskan 3 caleg (6,67%), disusul NasDem 1 kursi (2,22%) dan Perindo 1 kursi (2,22%). Sementara dari total 45 caleg yang lolos, 17 orang di antaranya merupakan pendatang baru (new comer) atau 37,38 persen. 

Berdasarkan data dari hasil penghitungan perolehan suara yang digelar KPU Kabupaten Gianyar di Seres Hotel, Kecamatan Ubud, Gianyar, Sabtu (2/3) malam dari 45 caleg yang lolos, 17 orang di antaranya wajah baru. Sementara keterwakilan perempuan tersebar merata di setiap dapil. Srikandi yang berhasil lolos sebanyak 9 orang (20,00%). Untuk raihan 32 kursi oleh PDIP naik sebanyak 6 kursi dibandingkan hasil di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Pada Pileg 2019 PDIP berhasil meraup 26 kursi. Namun di Pemilu 2019, jumlah total kursi di DPRD Gianyar sebanyak 40 kursi. Untuk Pileg 2024 ini, jumlah total kursi DPRD Gianyar naik menjadi 45 kursi. 

Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura mengatakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara ini sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggara Pemilu. "Untuk memberikan kepastian, kita cermati dan koreksi bersama. Sehingga apa yang sudah dilakukan badan ad-hoc kita secara berjenjang dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya. Mura mengakui semua proses Pemilu belum sempurna, namun demikian terhadap hasil perolehan suara yang telah di plenokan akan dikawal sampai penetapan di KPU RI. Turut hadir pada saat rapat pleno tingkat kabupaten, Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa, Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Mudiarta, Forkopimda Gianyar, Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Putu Agus Tirta Suguna, Ketua Bawaslu Gianyar Wayan Hartawan, para saksi, PPK Kecamatan serta undangan terkait lainnya. 

Komisioner KPU Gianyar Divisi Data, Dewa Ngakan Nyoman Suardita menambahkan setelah pleno tingkat kabupaten ini akan dilanjutkan ke provinsi. "Dari hasil ini kita nanti ikut dan pleno di provinsi," jelasnya. Maka dari itu nama-nama caleg yang diprediksi lolos berdasarkan perolehan suara masih harus berproses di tingkat provinsi. "Belum bisa kita sampaikan," ujarnya. Meski demikian, pihaknya mengatakan PDIP cenderung mendominasi "Mayoritas di kabupaten Gianyar, dari data kecamatan didominasi PDIP," jelasnya.


Untuk diketahui tak hanya mendominasi perolehan kursi di DPRD Gianyar, PDIP juga diprediksi berjaya menyapu bersih seluruh kursi DPRD Provinsi Bali dari Dapil Gianyar yang berjumlah 6 kursi. Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra telah mengerahkan tim khusus menghimpun perolehan suara di setiap TPS. PDI Perjuangan diyakini sapu bersih kuota 6 kursi DPRD Bali. Perolehan suara tertinggi dikantongi oleh putri sulungnya Putu Diah Pradnya Maharani alias Gek Diah sekitar 133.400 suara. Perolehan suara ini pula memecahkan rekor perolehan suara terbanyak Pileg sebelum-sebelumnya. 

Namun demikian, dirinya tetap akan menunggu kepastian secara resmi sesuai rekapitulasi perolehan suara KPU. "Dari perhitungan sementara 6 kursi kuota Dapil Gianyar untuk DPRD Bali diyakini akan bisa diborong habis PDIP. Suara terbanyaknya Gek Diah," ungkapnya. 

Setelah Gek Diah, perolehan suara new comer Wayan Tagel Winarta juga memuaskan. Ketua DPRD Gianyar ini mengantongi sekitar 50.220 suara. Dengan hasil itu, Tagel politisi asal Banjar Mancawarna, Desa Sanding, Tampaksiring ini, diprediksi menempati suara terbanyak kedua Dapil Gianyar. Atas perolehan suara sementara tersebut, Tagel mengucapkan terimakasih. "Kami ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang mendukung, kami berterima kasih kepada masyarakat Gianyar," ujar Tagel Winarta.

Sementara Caleg PDIP lainnya yang diprediksi lolos DPRD Bali, yakni I Made Budastra dengan 13.637 suara, Ni Luh Yuniati raih 16.654 suara, I Made Rai Warsa meraih 19.191 suara, serta Anak Agung Gede Agung Wira Mantara dengan memperoleh 10.849 suara. 7 nvi

Komentar