nusabali

Rio Waida, Sang Penakluk Ombak Asal Bali, Lolos ke Olimpiade Paris 2024

  • www.nusabali.com-rio-waida-sang-penakluk-ombak-asal-bali-lolos-ke-olimpiade-paris-2024

ARECIBO, NusaBali.com - Gembira dan haru menyelimuti hati Rio Waida (24), atlet selancar ombak kebanggaan Indonesia yang tinggal di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Rio berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024 setelah melalui perjuangan sengit di ajang kualifikasi terakhir ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico pada Sabtu (2/3/2024) atau Minggu dini hari waktu Indonesia.

"Ini sangat luar biasa dan sangat indah. Itu alasan kenapa saya datang ke kejuaraan ini. Terakhir kali saya lolos kualifikasi untuk Tokyo, rasanya luar biasa dan sekarang saya ingin melakukannya lagi," ungkap Rio penuh semangat.

Rio, yang telah menorehkan prestasi gemilang di berbagai kompetisi internasional, termasuk medali perak ISA World Surfing Games 2022, tak henti-hentinya mengharumkan nama bangsa.

"Saya akan terus berjuang untuk negara saya, selalu," tegas Rio dengan tekad membara.

Perjalanan Menuju Olimpiade

Perjalanan Rio menuju Olimpiade Paris 2024 tak mudah. Ia harus melalui babak Repechage setelah keluar dari main round.

Namun, kegigihan dan mental pantang menyerah Rio mengantarkannya melaju dari babak demi babak hingga akhirnya merebut satu slot Olimpiade dari enam slot putra yang disediakan di Repechage 9.

"Hebatnya Rio, dia tetap konsisten, fighting sampai detik terakhir, dan akhirnya di Repechage 9 dia sudah berhasil mendapatkan tiket Olimpiade," ujar Arya Subyakto, pelatih kepala tim nasional surfing Indonesia, dengan bangga.

Lolosnya Rio ke Olimpiade Paris 2024 menjadi momen istimewa bagi Indonesia. Ini merupakan kali kedua Rio mewakili Indonesia di Olimpiade, setelah debutnya di Olimpiade Tokyo 2020.

"Ini merupakan suatu hal yang membanggakan mengingat Rio dua kali berhasil bisa masuk Olimpiade. Kemarin yang di Tokyo, sekarang di Paris," kata Arya.

Dukungan dan Harapan

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Rio.

"Merah Putih terus berkibar tinggi. Sekarang tinggal menunggu Indonesia Raya berkumandang di Tahiti, Paris 2024. Terima kasih dan selamat berjuang terus untuk Rio Waida atlet surfing kebanggaan Indonesia," ucap Okto.

Lolosnya Rio menambah jumlah tiket Olimpiade 2024 Paris yang telah diraih Tim Indonesia menjadi tujuh.

"Semoga dengan prestasi Rio ini kita dapat perhatian dan kita akan melahirkan atlet-atlet lainnya," harap Arya.

Lolosnya Rio ke Olimpiade Paris 2024 menjadi bukti kerja keras, dedikasi, dan kecintaannya pada surfing.

Dukungan dan doa seluruh rakyat Indonesia menyertai Rio dalam perjalanannya meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

Komentar