nusabali

Libas Persikabo, Arema Keluar Zona Degradasi Lagi

  • www.nusabali.com-libas-persikabo-arema-keluar-zona-degradasi-lagi

BANTUL, NusaBali - Arema FC kembali keluar dari zona degradasi, setelah mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 1-0, dalam laga pekan ke-27 BRI Liga 1, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (1/3) sore.

Satu-satunya gol kemenangan Arema dilesakkan Charles Lokolingoy. Sang striker melakukan sundulan yang gagal diadang Husna Al Malik setelah memanfaatkan umpan Achmad Maulana menit 48'.

Dengan kemenangan itu , Arema FC (30 poin) untuk sementara keluar dari zona degradasi BRI Liga 1, melewati Persita Tangerang (28 poin) dengan keunggulan dua poin.

Sebaliknya, Persikabo 1973 masih tertahan di posisi 17 dengan 17 poin berbekal tiga kemenangan dan delapan imbang. Laskar Padjadjaran juga menjadi tim dengan kekalahan terbanyak sejauh ini (16 kali).

Bertanding tanpa dukungan masif suporternya, Persikabo 1973 kesulitan mengembangkan permainan. Namun sebaliknya, Arema FC juga terkesan terburu-buru dalam membangun serangan.

Peluang Dedik Setiawan pada pertengahan babak pertama hampir berbuah hasil. Akan tetapi, kiper Persikabo Husna Al Malik masih bisa menjaga gawangnya dari kebobolan.

Persikabo 1973 yang bertindak sebagai tuan rumah juga tak mampu berbuat banyak.  Memanfaatkan ketajaman Dimas Drajad, serangan-serangan Manahati Lestusen dkk. selalu putus ketika sampai di sepertiga lapangan. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Sedikit perubahan dilakukan Arema FC pada awal babak kedua. Sisi kanan Persikabo 1973 selalu dijadikan target. Umpan Achmad Maulana ke kotak penalti Persikabo 1973 dilanjutkan dengan tandukkan keras Lokolingoy. Bola menghujam keras dan menggetarkan gawang, gol, Arema FC memimpin 1-0 menit 48'. Laga pun berjalan tempo sedang hingga tuntas. Arema FC meraih tiga poin sekaligus mengangkat posisi ke posisi 15 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024.

Sebelumnya, posisi Arema di urutan 15 setelah menang atas Persija Jakarta 3-2 (26 Februari 2024). Namun posisi mereka kembali digeser Persita ke urutan 16, setelah Pendekar Cisadani imbang lawan PSS Sleman (27 Februari 2024).

Kehadiran pelatih Widodo Cahyono Putro di Arema FC dinilai mampu membawa sejumlah perubahan bagi tim. Selain meraih 6 poin dari dua laga terakhir, Widodo juga dinilai mampu membuat barisan lini depan Arema FC kembali tajam.  

Enam gol yang dicetak Arema FC semuanya dihasilkan penyerang. Tiga gol dilesakkan Charles Lokolingoy. Dua gol dicetak Dedik Setiawan dan satu gol dicetak Gilbert Alvarez. Sedangkan dua kemenangan terakhir Arema bersama Widodo, yakni menang atas Rans Nusantara 2-0 (22/2), dan Persija Jakarta 3-2 (26/2). *

Komentar