nusabali

Ribuan Warga Padati Catur Muka Saksikan Parade Ogoh-Ogoh Kasanga Fest 2024

  • www.nusabali.com-ribuan-warga-padati-catur-muka-saksikan-parade-ogoh-ogoh-kasanga-fest-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Ribuan warga Kota Denpasar dan sekitarnya tumpah ruah di kawasan Catur Muka dan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Jumat (1/3/2024), untuk menyaksikan parade ogoh-ogoh tahunan Kasanga Fest 2024. Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya ini terlihat sejak siang hari, di mana lokasi acara sudah dipadati pengunjung.

Made Arsa (29), pengunjung dari Karangasem, mengatakan sengaja datang lebih awal bersama keluarganya untuk melihat secara dekat 12 ogoh-ogoh yang mengikuti Kasanga Fest tahun ini.

“Banyak perkembangan dan inovasi dari ogoh-ogoh tahun ini, misalnya dari segi desain dan teknologi. Sekarang ini sudah banyak gerakan yang ada di tubuh ogoh-ogoh,” kata Made Arsa.

Made Arsa menjagokan tiga ogoh-ogoh sebagai kandidat juara, yaitu ST Canti Graha (Banjar Tengah, Sesetan); ST Werdhi Sesana (Banjar Tega, Tonja), dan ST Mekar Sari (Banjar Kesambi, Kesiman).

“Gerak kepakan sayap pada ogoh-ogoh karya ST Werdhi Sesana terlihat sangat natural dan nyata. Saya menjagokan ST Werdhi Sesana sebagai pemenang dalam Kasanga Fest kali ini,” kata Made Arsa.

Sementara itu, Ketut Sukadi (32) justru lebih mengunggulkan ogoh-ogoh ST. Canti Graha dari Banjar Tengah Sesetan sebagai pemenang.

“Dari pandangan saya, ST Canti Graha layak menjadi juara Kasanga Fest 2024. Keunggulan mereka tidak hanya terletak pada keindahan ogoh-ogohnya saja, tetapi juga pada keseluruhan kegiatan parade, baik itu dari musik dan kekompakan anggotanya sangat luar biasa,” paparnya.

Kasanga Fest 2024 tidak hanya menjadi ajang perlombaan ogoh-ogoh, tetapi juga menjadi momen bagi masyarakat untuk berkumpul dan menikmati pertunjukan seni budaya yang kreatif dan inovatif. Antusiasme tinggi masyarakat menunjukkan bahwa Kasanga Fest telah menjadi salah satu ikon budaya Kota Denpasar yang patut dipertahankan dan dilestarikan. *ol4

Komentar