nusabali

Pemkab Rencana Ubah Teknis Pungutan ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-pemkab-rencana-ubah-teknis-pungutan-ke-nusa-penida

Wisatawan kerap antre lama dan berpanas-panasan saat membayar retribusi di tempat kedatangan.

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung sedang mengevaluasi teknis pungutan retribusi wisatawan ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Rencananya lokasi pungutan retribusi ke Nusa Penida dipindah ke tempat keberangkatan (loket keberangkatan) di pelabuhan. Pelabuhan yang menjadi titik keberangkatan yakni Pelabuhan Sanur Denpasar, Pelabuhan Desa Kusamba-Desa Kampung Kusamba, Klungkung, dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan, selama ini lokasi pungutan retribusi wisatawan dilakukan di tempat kedatangan di Nusa Penida. Imbasnya, wisatawan kerap antre lama dan berpanas-panasan saat membayar retribusi di tempat kedatangan. Situasi ini dikhawatirkan membuat wisatawan tidak nyaman dan berpotensi membuat citra pelayanan pariwisata di Nusa Penida tidak baik. “Kami masih melakukan pembahasan apakah pungutan retribusi masuk ke Nusa Penida dikerjasamakan dengan operator spead boat atau Pemkab menempatkan pegawai di loket,” ujar Jendrika, Kamis (29/2).

Sementara pengunjung lokal akan ditanya tujuan ke Nusa Penida untuk berwisata atau keperluan lain. Maka pengunjung itu mendapatkan tiket masuk. Saat tiba di Nusa Penida dan mengunjungi objek wisata tinggal menunjukkan tiket tersebut. Sebaliknya, jika mereka ke Nusa Penida untuk urusan keluarga atau sembahyang, cukup membeli tiket penyeberangan. Saat di Nusa Penida mereka ingin mengunjungi objek wisata maka beli tiket masuk. “Jika tidak punya tiket, wajib membeli di objek wisata,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar