nusabali

Malaysia Jawara, Indonesia Peringkat 5

Destinasi Paling Populer se-ASEAN

  • www.nusabali.com-malaysia-jawara-indonesia-peringkat-5

KUALA LUMPUR, NusaBali - Thailand terlihat jumawa dengan banyaknya turis China yang datang ke sana saat Tahun Baru Imlek. Tapi siapa sangka, juara tahun 2023 adalah Negeri Jiran.

Dilansir detikcom dari Vietnam Express pada Minggu (25/2), Malaysia mencatat hampir 29 juta kedatangan turis pada tahun 2023. Angka ini menjadikan Malaysia sebagai juara destinasi paling populer se-ASEAN.

Sebelum pandemi, peringkat ini memang dimiliki oleh Thailand. Namun, kini keadaan sudah berbalik.

Malaysia punya 'pemasok' turis setia yang tidak lain adalah Singapura. Tahun lalu, turis Singapura yang liburan ke Malaysia mencapai 8,3 juta orang. Lalu turis terbanyak selanjutnya datang dari Indonesia, Thailand, China dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, Thailand harus puas duduk di peringkat dua dengan jumlah wisatawan sebanyak 28 juta orang. Kemudian ada Singapura yang mencatat kunjungan 13,6 juta turis.

Vietnam berada di urutan keempat dengan total 12,6 juta turis. Sedangkan Indonesia harus puas duduk di urutan kelima dengan catatan 11,7 juta turis.

Di urutan enam ada Filipina dan Kamboja yang masing-masing menerima 5,4 juta turis.

Tahun ini persaingan sudah terlihat makin sengit. Malaysia dan Thailand sama-sama melobi China untuk memberikan bebas visa pada warganya yang liburan ke sana. 7

Komentar