nusabali

522 KK di Muncan Terima 5,22 Ton Beras CPP

  • www.nusabali.com-522-kk-di-muncan-terima-522-ton-beras-cpp

AMLAPURA, NusaBali - Pemerintah Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, menyalurkan bantuan berupa 5,22 ton beras cadangan pangan pemerintah (CPP). Beras ini untuk kurang mampu jelang hari raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (28/2).

Penyaluran beras CPP dikoordinasikan Perbekel Muncan I Wayan Tunas. ‘’Kami berkeliling mendatangi warga di 13 banjar dinas yang menerima bantuan beras ini," jelas Wayan Tunas di Banjar Gede, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (23/2).

Sebelumnya, pemerintah Desa Muncan menyalurkan bantuan beras dalam program cadangan pangan pemerintah 4,88 ton, Kamis (8 Juni 2023).

Itu artinya program bantuan beras dari pemerintah berlanjut, guna meringankan beban sosial dialami masyarakat kurang mampu.

Warga yang mengambil bantuan di tiap bale banjar dinas se-Desa Muncan, datang silih berganti. Sebelum pembagian bantuan, telah disosialisasikan melalui kelian banjar dinas, se-Desa Muncan, sehingga masyarakat mengetahui yang dapat bantuan, apalagi warga masyarakat yang dapat bantuan telah masuk daftar.


"Kami salurkan bantuan ke banjar-banjar dinas, jadwalnya bergilir, guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," tambah I Wayan Tunas, Perbekel Muncan, asal Banjar Susut.

Penyaluran bantuan di tiap banjar dinas di bawah koordinasi kelian banjar dinas. Sebelumnya kelian banjar dinas melakukan survei, memverifikasi warga yang layak dapat bantuan, selanjutnya direkomendasi.

Warga yang dapat bantuan tersebar di 13 banjar: Kaja, Pendem, Manik, Gunung Biau, Muncan, Susut, Kawan, Gede, Pemuhunan, Pakudansih, Benekasa, Yangapi, dan Meranggi.

Warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan sosial mengingat kondisi ekonomi masyarakat penerima bantuan, masuk daftar warga miskin dengan alasan ekonomi. Apalagi daya beli masyarakat masih lemah.

Perbekel I Wayan Tunas berharap, untuk tahun-tahun mendatang, agar kesejahteraan masyarakat meningkat, sehingga status kurang mampu bisa terhapus, dan penyaluran bantuan bisa berkurang.

Di samping itu jika kesejahteraan meningkat, dampaknya sangat banyak, mampu menuntaskan pendidikan, menuntaskan bidang kesehatan, ke depan kualitas pembangunan di Desa Muncan meningkat.

Khusus untuk warga yang tidak dapat bantuan cadangan pangan pemerintah katanya, tetap dapat bantuan beras, hanya saja dananya bersumber dari urunan perangkat desa. "Caranya dengan membagikan bantuan dengan mendatangi rumah-rumah warga, terutama yang lansia, sakit dan disabilitas," katanya.7k16

Komentar