nusabali

Sejumlah Lomba Meriahkan Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-sejumlah-lomba-meriahkan-bulan-bahasa-bali

BANGLI, NusaBali - Sekolah-sekolah di Bangli menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa Bali tahun 2024. Seperti halnya di SMPN 3 Susut. Lomba dilaksanakan guna menggali potensi para siswa.

Menurut Kepala SMPN 3 Susut, Ni Made Suryadini, Bulan Bahasa Bali dilaksanakan beberapa hari. Adapun kegiatan yang dilaksanakan Nyurat Aksara Bali, Mesatua Bali, Banyolan, Pidarta Bali serta Potrekan.  "Pembukaan sudah kami laksanakan pada Senin kemarin, yang diisi dengan fragmentari," jelasnya, Kamis (22/2).

Made Suryadini mengatakan laksanaan Bulan Bahasa Bali ini sebagai upaya membangkitkan kreativitas siswa, kecintaan terhadap Bahasa dan Budaya Bali. "Akhir-akhir ini, generasi anak-anak kita mulai ada pergeseran. Jadi dengan adanya lomba-lomba ini selain menggali potensi juga melestarikan bahasa dan budaya Bali," ujarnya. 

Dia berharap generasi muda tidak melupakan bahasa ibu. Bahasa ibu harus diharus dilestarikan. "Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan," kata Made Suryadini. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli Komang Pariarta mengatakan implementasi Bulan Bahasa Bali, masing-masing satuan pendidikan melaksanakan kegiatan. Ada yang sedang berjalan dan ada juga sudah melaksanakan penutupan. 

Kepala dinas asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli ini mengingatkan kepala sekolah agar menumbuh kembangkan potensi anak dalam mengembakan bakatnya. "Bahasa daerah yang miliki ciri khas, cultur yang berbeda dari daerah lainnya. Satu sisi miliki bahasa pergaulan seperti bebanyolan, ada pula bahasa yang digunakan untuk berbicara dengan orang tua atau penglingsir yang penuh etika serta sopan santun," sebutnya. 

Ditambahkan, beberapa sekolah memawajibkan penggunaan bahasa daerah pada hari tertentu, antara lain Selasa, Kamis, dan Sabtu.7esa

Komentar