nusabali

Sejak Januari Ditemukan 2 Kasus Anjing Rabies di Denpasar

Distan Gencarkan Vaksinasi dan Sterilisasi

  • www.nusabali.com-sejak-januari-ditemukan-2-kasus-anjing-rabies-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Kasus rabies di Kota Denpasar kembali ditemukan. Sejak Januari 2024, ditemukan 2 kasus anjing positif rabies. Adanya kasus tersebut membuat Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar kembali menggencarkan vaksinasi dan sterilisasi terhadap anjing lokal.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar Anak Agung Gde Bayu Brahmasta, Selasa (20/2). Dia mengatakan dua anjing positif rabies itu berdasarkan laporan dari warga, karena anjing tersebut menunjukkan gelagat aneh. Setelah dilakukan penjajakan ke lapangan dan dilanjutkan dengan uji lab, akhirnya diketahui anjing tersebut positif rabies.

“Kasus rabies tersebut import case, karena adanya pergerakan anjing antarwilayah. Ada yang bawa anjing dari luar Denpasar,” ujarnya.

Agung Brahmasta mengatakan, semestinya warga yang membawa anjing dari luar Denpasar melapor ke Dinas Pertanian untuk mendapatkan vaksin. Selain itu, anjing yang didatangkan dari luar Denpasar juga seharusnya dikarantina satu hingga dua minggu.

Menurutnya, kasus terakhir ditemukan di Desa Pemogan, dan sebelumnya ditemukan di wilayah Denpasar Barat. “Kami sudah lakukan langkah-langkah, seperti eliminasi anjing yang sempat kontak, dan melakukan vaksinasi di kawasan yang ditemukan anjing rabies,” kata Agung Brahmasta.

Namun hingga kini belum ada kasus rabies yang menjangkiti manusia di Kota Denpasar. Sementara itu jika ada warga yang tergigit anjing, pihaknya juga bekerja sama dengan rabies center. Warga yang tergigit anjing akan mendapatkan vaksin anti rabies (VAR), sekali hingga tiga kali.

“Jika anjing yang menggigit tersebut bukan anjing rabies, cukup mendapat satu kali VAR. Kalau yang menggigit ternyata rabies maka akan diberikan perawatan dengan tiga kali VAR,” imbuhnya.

Sementara di tahun 2023 lalu, di wilayah Kota Denpasar ditemukan sebanyak 22 kasus anjing positif rabies. Terkait dengan antisipasi meluasnya kasus rabies ini, Distan terus melakukan vaksinasi dan sterilisasi anjing maupun kucing. Seperti yang dilakukan di parkir utara Taman Kota Lumintang, Denpasar Utara pada 20–21 Februari 2024.

Pihaknya menyiapkan sebanyak 500 dosis vaksin rabies secara gratis. Selain itu, setiap harinya dilaksanakan kegiatan sterilisasi untuk 29 ekor anjing maupun kucing. “Untuk vaksin kami sasar sebanyak-banyaknya, kalau untuk sterilisasi mereka harus mendaftar terlebih dahulu dan sterilisasi ini juga khusus untuk anjing lokal,” ucap Agung Brahmasta.

Pelaksanaan sterilisasi ini dilakukan untuk menekan populasi anjing di Kota Denpasar. Untuk diketahui, program vaksinasi dan sterilisasi ini digelar serangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar. 7 mis

Komentar