nusabali

12 Ogoh-ogoh Terbaik Se-Denpasar Akan Bersaing di Kasanga Festival 2024

  • www.nusabali.com-12-ogoh-ogoh-terbaik-se-denpasar-akan-bersaing-di-kasanga-festival-2024

DENPASAR, NusaBali - Setelah melalui proses penilaian di tempat selama dua hari pada 17–18 Februari lalu, pemenang lomba Ogoh-ogoh Kota Denpasar tahun 2024 diumumkan pada Minggu (18/2) malam. Ada 12 pemenang yang merupakan tiga besar terbaik dari empat kecamatan se-Kota Denpasar. Nantinya, 12 ogoh-ogoh yang lolos ini akan diparadekan serangkaian pelaksanaan Kasanga Festival pada 1–3 Maret mendatang.

Pengumuman yang tertuang dalam berita acara yang ditandatangani seluruh tim juri dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara ini diumumkan secara resmi, Minggu (18/2) malam. Tiga ogoh-ogoh terbaik dari Kecamatan Denpasar Selatan, ST Dharma Subiksa, Banjar Sasih, Panjer keluar sebagai nominasi I dengan nilai 279, disusul ST Sukerela, Banjar Kepisah, Pedungan sebagai nominasi II dengan nilai 268, dan nominasi III diraih ST Canti Graha, Banjar Tengah, Desa Sesetan dengan nilai 265. 

Untuk Kecamatan Denpasar Barat, nominasi I diraih ST Yowana Sawitra, Banjar Abiantimbul, Pemecutan Kelod dengan nilai 276, disusul ST Wira Dharma, Banjar Sumuh, Dauh Puri Kauh sebagai nominasi II dengan nilai 271, dan nominasi III diraih ST Sekar Tirta Yowana, Banjar Sapta Bumi, Tegal Harum dengan nilai 266.

Untuk Kecamatan Denpasar Utara, nominasi I diraih ST Cantika, Banjar Sedana Mertha, Ubung dengan nilai 290, sebagai nominasi II diraih ST Werdhi Sesana, Banjar Tega, Tonja, dengan nilai 285, dan nominasi III diraih ST Eka Pramana, Banjar Merta Rauh, Dangin Puri Kangin dengan nilai 272. 

Sedangkan Kecamatan Denpasar Timur, nominasi I diraih ST Santhi Yowana, Banjar Yangbatu Kangin, Dangin Puri Kelod dengan nilai 274, disusul ST Yowana Werdhi, Banjar Batanbuah, Kesiman sebagai nominasi II dengan nilai 264, dan nominasi III diraih ST Mekar Sari, Banjar Kesambi, Kesiman dengan nilai 257. 

Foto: Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara. -ADI PUTRA

Raka Purwantara, menyatakan ke-12 ogoh-ogoh terbaik tersebut akan bersaing ketat di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung depan Patung Catur Muka, Kelurahan Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat. Penilaian tingkat Kota Denpasar akan dilakukan oleh tim dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar pada 1 Maret 2024. Juri akan menilai ogoh-ogoh berdasarkan kriteria estetika, serta keunikan dalam merepresentasikan, seperti presentasi pengarakan, musik baleganjur yang disajikan serta tarian-tarian yang digabungkan dalam mempresentasikan ogoh-ogoh tersebut akan dinilai secara utuh untuk setiap elemennya.

Setelah selesai penilaian, ogoh-ogoh akan dipajang di Lapangan Puputan Badung. Masyarakat berkesempatan memilih ogoh-ogoh favorit mereka melalui pemilihan online dengan barcode yang disediakan. Hiburan bernuansa budaya juga akan memeriahkan acara ini, termasuk lomba baleganjur pada 2 Maret 2024.

Puncak acara sekaligus penutupan pada 3 Maret 2024 akan ada penyerahan hadiah kepada 12 nominasi terbaik di tingkat kecamatan. “Untuk 12 nominasi terbaik di tingkat kecamatan akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 30 juta (untuk masing-masing ST) dan untuk hadiah tingkat kota, juara I akan mendapatkan Rp 50 juta, juara II akan mendapatkan Rp 35 juta, dan juara III akan mendapatkan Rp 25 juta. Hadiah tersebut sama seperti tahun lalu,” ujar Raka Purwantara, Senin (19/2).

Acara Kasanga Festival 2024 merupakan program dari Pemerintah Kota Denpasar dan didanai oleh APBD Kota Denpasar. Perayaan ini sekaligus menjadi bagian dari upaya memeriahkan Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Nyepi yang berdekatan, dan juga menjadi momentum untuk mempromosikan budaya dan kreativitas masyarakat Denpasar.

Diharapkan keberhasilan acara ini akan membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut pada edisi-edisi mendatang, termasuk kemungkinan penambahan nominasi terbaik di tingkat kecamatan. Demi keberlangsungan acara, persiapan panggung, perlengkapan, dan stand kuliner UMKM akan diselesaikan pada 29 Februari 2024.


Acara ini terbuka partisipasi seluruh masyarakat, memberikan ruang bagi mereka untuk merayakan tradisi dan kekayaan budaya yang dimiliki Kota Denpasar sebelum menyambut perayaan Hari Raya Nyepi. 

“Nanti silakan masyarakat sambil berhari raya sambil menyaksikan penilaian ogoh-ogoh 12 nominasi terbaik dari tiap kecamatan. Ogoh-ogoh tersebut akan dipajang selama tiga hari,” kata Raka Purwantara. 7 cr79, mis

Komentar