nusabali

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Apresiasi Satker Berkinerja Baik

  • www.nusabali.com-kakanwil-ditjen-perbendaharaan-apresiasi-satker-berkinerja-baik

AMLAPURA, NusaBali - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho, memberikan penghargaan kepada sejumlah satuan kerja (satker) di wilayah Bali timur yang berkinerja baik selama tahun 2023. Penghargaan ini untuk memotivasi agar prestasi kerjanya dipertahankan.

Sedapat mungkin agar mereka meningkatkan dari 60 satker, banyak mencapai nilai sempurna atau 100. Penyerahan penghargaan itu di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Amlapura, Jalan Cempaka Amlapura, belum lama ini.

Dwi Nugroho memaparkan di APBN 2023, realisasi anggaran di KPPN Amlapura mewilayahi, Bangli, Klungkung dan Karangasem sebesar Rp 565,2 miliar, dari pagu anggaran Rp 571,52 miliar atau 98,90 persen. "Ini realisasi tertinggi di Indonesia," jelas Dwi Nugroho.

Sebab, kata Dwi Nugroho, kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023, menggunakan penilaian IKPA (indikator kinerja pelaksanaan anggaran) sehingga banyak satker meraih nilai sempurna.

Dwi Nugroho memaparkan APBN tahun 2024 sebesar Rp 3,325 triliun meningkat 8,6 persen di bandingkan tahun 2023. Harapannya agar satker meningkatkan kualitas perencanaan, meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan, melakukan akselerasi pelaksanaan program, percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dan percepatan penyaluran dana batuan sosial. "Walau berkinerja baik, tetap perlu melakukan evaluasi, agar tahun 2024 lebih baik lagi,’' tambahnya.

Tercatat pada awal tahun 2024, telah 25 satker yang melakukan tender fisik, hal itu menandakan kinerjanya semakin berkualitas. Lebih awal melakukan tender, kualitasnya akan lebih baik, karena lebih banyak waktu dalam pengerjaannya. Sehingga serapan anggaran proporsional per triwulan, harapannya nanti triwulan I serapannya mencapai Rp 15 persen, triwulan II mencapai Rp 40 persen, triwulan III mencapai 70 persen, dan triwulan IV mencapai 90 persen.

Kakanwil Direktorat Perbendaharaan juga memberikan penghargaan kepada satker yang berkinerja baik yang bernilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) terbaik buat Rumah Tahanan Negara Klungkung, dengan pagu anggaran Rp 2,5 miliar. Selain itu, Kantor Kemenag Karangasem terbaik IKPA pagu di bawah Rp 2,5 miliar, Kemenag Bangli terbaik IKPA dengan pagu di atas Rp 15 miliar, dan lain-lain.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Amlapura I Gusti Bagus Eddy Pramana Madurja juga mengapresiasi kinerja 60 satker, yang telah mampu melakukan serapan anggaran hingga 98,90 persen, terbaik di Indonesia. "Apalagi di awal tahun 25 satker melakukan kontrak dini, sehingga serapan anggarannya nanti lebih cepat dan lebih optimal," katanya.7k16. 

Komentar