nusabali

Prajuru Adat Diadu Mapidarta

Perayaan Bulan Bahasa Bali di Gianyar

  • www.nusabali.com-prajuru-adat-diadu-mapidarta

GIANYAR, NusaBali - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gianyar I Ketut Mudana membuka Bulan Bahasa Bali di Balai Budaya Gianyar, Selasa (6/1). Kadis Kebudayaan Kabupaten Gianyar Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu mengatakan, Bulan Bahasa Bali Tahun 2024 dengan tema ‘Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga’. Pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri masyarakat Bali.

Perayaan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Gianyar dengan berbagai lomba yakni nyurat aksara Bali tingkat SD, lomba nyurat lontar tingkat SMP, lomba debat berbahasa Bali antar SMA/SMK, ngwacen lontar yang diikuti masyarakat berumur 19 hingga 23 tahun, masatua Bali dengan peserta dari Paiketan Krama Istri atau Pakis, dan lomba mapidarta (pidato) yang diikuti prajuru adat. Para peserta merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan. Cok Trisnu mengatakan, para juara akan menjadi Duta Kabupaten Gianyar dalam lomba Bulan Bahasa Bali tingkat Provinsi Bali.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Gianyar I Ketut Mudana menegaskan, Bulan Bahasa Bali merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam upaya mempertahankan bahasa, aksara, dan sastra Bali. Mudana berharap Bulan Bahasa Bali mampu membangkitkan dan membangunkan keinginan untuk mempertahankan bahasa dan sastra Bali serta mempersatukan keinginan anak-anak dalam mempertahankan aksara dan sastra Bali. 

“Bahasa Bali harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, saat kegiatan adat dan agama,” ungkap Mudana. “Jangan malu menggunakan bahasa Bali di tengah gempuran bahasa global seperti bahasa Inggris, Perancis, atau Jepang. Menjadi masyarakat Bali jangan sampai lupa berbahasa Bali,” pesan Mudana. 7 nvi

Komentar