nusabali

Sejumlah Lomba Meriahkan Bulan Bahasa Bali di Bangli

  • www.nusabali.com-sejumlah-lomba-meriahkan-bulan-bahasa-bali-di-bangli

BANGLI, NusaBali - Kegiatan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli dibuka pada Senin (5/2). Bulan Bahasa Bali 2024 ini dimeriahkan dengan pelbagai kegiatan, terutama sejumlah lomba.

Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli berlangsung di Balai Banjar Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. Kegiatan Bulan Bahasa Bali sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor : 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali Nomor : 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. 

Tema tahun ini yakni, Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli Wayan Sugiarta  mengatakan Peringatan Bulan Bahasa Bali (BBB) bertujuan untuk memberikan ruang untuk pelestarian dan menumbuhkembangkan aksara, sastra, dan Bahasa Bali di tengah masyarakat. 

Bulan Bahasa Bali tahun 2024 kali ini  dimeriahkan dengan sejumlah lomba.  Lomba yang digelar meliputi masatwa Bali yang diikuti Paiketan Krama Istri (PAKIS), Lomba Debat berbahasa Bali yang diikuti oleh siswa SMA dan SMK se Kabupaten Bangli, Lomba Membaca Lontar Aksara Bali, Lomba Menulis Aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Lomba Menulis Lontar Tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) Se-Kabupaten Bangli. "Lomba-lomba tersebut akan di laksanakan mulai tanggal 5 - 7 Februari," ungkapnya. 

Disisi lain, Asisten I Setda Bangli Made Ary Pulasari mewakili Bupati Bangli, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangli sangat memperhatikan pelestarian Bahasa dan Aksara Bali khususnya di Kabupaten Bangli dengan menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali setiap tahunnya.

Dia berharap Bulan Bahasa Bali ini bisa dilaksanakan di berbagai tempat seperti Desa Adat, Desa Dinas, dan lembaga pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi, Lembaga Swasta, Perbankan dan Lembaga-lembaga lainnya di Bangli. 

Selain itu, acara Bulan bahasa Bali tersebut merupakan dasar pedoman masyarakat untuk menggunakan bahasa Bali pada kesehariannya. "Mari kita jaga bahasa dan Aksara Bali agar semakin mendunia," ujarnya.7esa

Komentar