nusabali

Ogoh-Ogoh ST Taruna Dharma Castra Sidakarya Padukan Tradisi dan Teknologi

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-st-taruna-dharma-castra-sidakarya-padukan-tradisi-dan-teknologi

DENPASAR, NusaBali.com - Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 Sekaa Teruna (ST) Taruna Dharma Castra, Banjar Tengah, Sidakarya, Denpasar Selatan sibuk menggarap ogoh-ogoh megah dengan sentuhan teknologi.

Doni Suarsana, undagi ogoh-ogoh yang juga Wakil Ketua II ST Taruna Dharma Castra, menuturkan pengerjaan ogoh-ogoh ini dimulai sejak akhir November 2023. "Pengerjaan sempat tersendat karena Karya Gede di Desa Sidakarya, namun kini sudah mencapai 75 persen," jelas Doni, Sabtu (27/1/2024).

Ogoh-ogoh tahun ini terbilang istimewa. Dengan tinggi mencapai 5 meter, ogoh-ogoh ini menampilkan tiga karakter: Parasurama di bagian bawah, Ganesha di tengah, dan Dewa Siwa di atas. Ditambah karakter pendukung seperti tikus, wahana Dewa Ganesha.

"Keunikan ogoh-ogoh ini adalah sistem bongkar pasang pada bagian Dewa Siwa dan penggunaan teknologi gerak," ungkap Doni. "Bagian kepala Parasurama dan bunga teratai tempat duduk Dewa Siwa akan bergerak," imbuhnya.

Pembuatan ogoh-ogoh ini menelan biaya sekitar Rp 40 juta. Doni berharap para anggota ST dapat meluangkan waktu membantu pengerjaan ogoh-ogoh.

Dukungan terhadap Bahan Ramah Lingkungan

Doni juga menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah terkait penggunaan bahan ramah lingkungan dalam pembuatan ogoh-ogoh. "Bahan ramah lingkungan lebih mudah dikerjakan bersama-sama, meningkatkan gotong royong, menjaga lingkungan, dan kesehatan," terangnya.

Menurutnya, penggunaan bahan seperti gabus di masa lalu hanya dilakukan oleh satu orang, dan berpotensi mencemari lingkungan.

"Dengan semangat kebersamaan dan kreativitas, ST Taruna Dharma Castra siap menyemarakkan Nyepi tahun ini dengan ogoh-ogoh yang tak hanya indah, tetapi juga ramah lingkungan," pungkas Doni. *m03

Komentar