nusabali

KPU Klungkung Gelar Simulasi Pemungutan Suara

  • www.nusabali.com-kpu-klungkung-gelar-simulasi-pemungutan-suara

SEMARAPURA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024, di TPS 15 Banjar Dukuh, Dusun Minggir, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Minggu (28/1) pagi.

Ketika simulasi ada pemilih yang tidak bisa menunjukkan KTP elektronik. Karena belum perekaman dan pada saat pemungutan suara usianya sudah 17 tahun, untuk sementara yang bersangkutan diminta menggunakan kartu keluarga dulu karena masih simulasi. Yang bersangkutan diminta biodata menggunakan foto (KTP) saat pencoblosan nanti.

Ketua KPU Klungkung Ketut Sudiana didampingi komisioner Made Dwi Adnyana Putra, mengatakan simulasi ini sangat penting karena ada perbedaan signifikan antara Pemilu 2019 dengan Pemilu 2024, terutama terkait logistik pemilu sejumlah blangko yang digunakan saat penghitungan suara. Kalau dulu blangko jenis C banyak sekali. 

Sedangkan pemilu kali ini lebih simpel, yang ada hanya blangko hasil dan blangko salinan, dan dibantu aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap). “Dalam simulasi ini berjalan lancar,” ujar Sudiana.

Terkait di Kecamatan Nusa Penida yang terkendala sulit sinyal di sejumlah lokasi, maka petugas KPPS bisa menginput Sirekap secara offline. Ketika sudah dapat sinyal internet, barulah dikirim secara online. 7 wan

Komentar