nusabali

Kapal Pesiar Celebrity Millennium Sandar di Buleleng

Ketiga Kalinya Sejak Awal Tahun

  • www.nusabali.com-kapal-pesiar-celebrity-millennium-sandar-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Kapal Pesiar Celebrity Millennium untuk ketiga kalinya sandar di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Jumat (26/1) pagi kemarin. Kapal sepanjang 294 meter itu mengangkut sebanyak 2.174 orang wisatawan mancanegara (wisman). Sebagian memilih paket wisata di Buleleng.

Kapal bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang pada pukul 09.00 wita yang sebelumnya datang dari Pelabuhan Gili Mas Lombok. Setelah sandar, sebanyak 691 orang wisatawan mancanegara yang turun ke darat dan mengikuti paket berwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, Kapal Celebrity Millennium ini memang rutin mengagendakan melintasi dan sandar di laut Buleleng. Bahkan di awal tahun ini saja, kapal berbendera Malta ini sudah datang ke tiga kalinya. Selain mengangkut ribuan wisatawan,  kapal pesiar ini juga mengangkut 923 orang kru kapal.

Dody menyebut ada sejumlah paket wisata yang ditawarkan melalui jasa travel agent. Namun yang peminatnya paling banyak adalah paket wisata yang paling diminati adalah paket tour Bali Handara dan City Tour Kota Singaraja.

Foto: Wisatawan mengunjungi salah satu tempat wisata di Buleleng. -IST

“Kami memang tawarkan beberapa paket wisata seperti paket Bali Handara, snorkeling Pulau Menjangan, Desa Wisata Munduk, Menjangan Dynasty Resort hingga Singaraja Sightseeing. Masing-masing ada peminatnya,” ucap Dody.

Mantan Camat Buleleng ini menjelaskan,  dari paket wisata favorit Bali Handara wisman  juga mendapat kesempatan untuk menikmati keindahan Danau Buyan dan Tamblingan di wilayah Buleleng. Selain berkunjung ke pintu masuk Bali Handara yang sudah mendunia. Sedangkan untuk City Tour Singaraja, wisatawan akan diajak mengunjungi sejumlah Daya Tarik Wisata (DTW) seperti Pura Beji Sangsit, Puri Singaraja hingga Museum Lontar Gedong Kirtya.

Menurut Dody, kunjungan kapal pesiar ke Buleleng ini memberikan dampak yang sangat positif untuk perkembangan pariwisata Buleleng. Meskipun wisatawan kapal pesiar tidak menginap, namun dampak ekonomi dan juga promosi tidak langsung sudah sangat menguntungkan bagi Pemkab Buleleng.

“Dari kunjungan mereka ke DTW, makan di restoran tentu sudah berdampak ekonomi dan menjadi pendapatan daerah. Belum lagi mereka promosi secara tidak langsung dengan mengunggah foto saat berkunjung ke DTW,” terang mantan Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng ini.7 k23

Komentar