nusabali

Ukir Sejarah, Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia

Kontra Australia di Babak 16 Besar Besok Malam

  • www.nusabali.com-ukir-sejarah-timnas-indonesia-lolos-16-besar-piala-asia

DOHA, NusaBali - Timnas Indonesia berhasil mencatatkan sejarah di Piala Asia 2023, yakni untuk pertama kalinya lolos dari fase grup turnamen ini.

Skuad Garuda lolos ke putaran 16 besar Piala Asia 2023 setelah Kirgistan menahan imbang Oman dengan skor 1-1 pada pertandingan terakhir Grup F di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/1) malam. Hasil imbang tersebut membuat Oman hanya mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan, dan berada di posisi keenam klasemen mini antar tim-tim peringkat ketiga. Indonesia berada di posisi keempat dengan koleksi tiga poin.

Oman sempat membuka harapan lolos ke 16 besar saat Muhsen Al Ghassani membuka keunggulan timnya ketika pertandingan baru berlangsung delapan menit, menyusul kemelut di depan mulut gawang Kirgistan. Kiper Kirgistan Erzhan Totokaev sempat mengajukan protes, namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Namun saat waktu normal menyisakan sepuluh menit, atau tepatnya pada menit ke-80, Kirgistan mampu menyamakan kedudukan. Dari satu serangan cepat, penyerang kelahiran Ghana Joel Kojo memaksimalkan kesalahan pertahanan Oman, dan mengemas gol balasan.

Wasit Ahmad Alali memberi tambahan waktu tujuh menit. Meski demikian tidak ada gol tambahan tercipta, dan memperpanjang nafas Tim Garuda di Piala Asia. Pada 16 besar, Indonesia akan berhadapan dengan Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1) besok.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan kebahagiaannya ketika skuad asuhannya mengukir sejarah saat dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya. Pelatih asal Korea Selatan ini akhirnya mengantarkan Skuad Garuda ke 16 besar setelah keluar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik di fase penyisihan grup.

"Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak," ungkap Shin dalam pesan resmi PSSI di Doha. Meski menelan dua kekalahan dari laga kontra Irak dan jepang, namun Indonesia bisa lolos ke fase gugur berbekal tiga poin dari kemenangan tunggal atas Vietnam. Indonesia juga cukup beruntung, karena masih berada di posisi keempat dari tim peringkat ketiga terbaik, di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang kompak mengantongi empat poin. "Walaupun kita satu kali menang dan dua kali kalah, tapi para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mungkin yang mempengaruhi hasil saat ini," kata Shin.

Foto: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan pemainnya saat latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1). -ANTARA

Shin sangat bersyukur bisa membawa timnya keluar dari fase grup. Ia mengapresiasi kerja keras Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dalam setiap pertandingan yang dimainkan. "Tanpa kerja keras mungkin Yang di Atas tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kita untuk ke 16 besar," kata Shin.

Sementara itu, pemain timnas Asnawi Mangkualam turut berkomentar atas keberhasilan timnas membuat sejarah di sepak bola Tanah Air. "Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab doa dan usaha kita," tutur Asnawi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis tim nasional Indonesia bisa menang melawan timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

“Ya pastinya dengan keyakinan dan juga motivasi yang positif, saya yakin dari Timnas yang sudah dibentuk hari ini dengan berbagai kolaborasinya. Yang penting mainnya dengan ikhlas, tidak ada tekanan, saya rasa insya Allah bisa mencapai permainan yang sangat baik,” kata Menpora Dito Ariotedjo dilansir dari keterangan resmi, Jumat (26/1).

Dalam rangka memberikan dukungan kepada Asnawi dan kawan-kawan, Menpora Dito mengajak masyarakat untuk nonton bareng (nobar) laga Indonesia melawan Australia di lapangan Graha Kemenpora, Senayan, Jakarta pada Minggu. “Minggu ini rencananya Kemenpora mengadakan nonton bareng di lapangan. Jadi terbuka untuk seluruh masyarakat dan pendukung bola, tinggal ke Kemenpora saja. Kira-kira serulah,” sebut Menpora Dito.

Menpora memberikan prediksi skor untuk laga tim asuhan Shin Tae-yong melawan tim berjuluk Soceroos tersebut. Dito memprediksi pertandingan akan berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan tim Garuda. “Satu kosong, yang penting menang tidak apa-apa. Yang penting menang atau minimal seri itu keren sekali. Semoga bisa lolos ke delapan besar. Ini pasti akan menjadi suntikan positif lagi untuk olahraga Indonesia,” beber Menpora.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir bersyukur timnas Indonesia akhirnya mencatatkan sejarah baru di Piala Asia dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya. “Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia,” kata Erick melalui postingannya di Instagram resminya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut capaian ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak baik pemain, pelatih, ofisial, hingga doa seluruh masyarakat Indonesia. “Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas,” ucap Erick. Capaian ke babak 16 besar menjadi yang pertama kalinya bagi Merah Putih setelah dari empat keikutsertaan sebelumnya edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 selalu gagal melewati babak penyisihan grup. Selain itu, catatan ini juga menambah ukiran emas sang pelatih Shin Tae-yong setelah sebelumnya ia menjadi satu-satunya pelatih yang mengantarkan tiga timnas, U-20, U-23, dan senior ke putaran final Piala Asia. Nantinya, di babak 16 besar Indonesia telah ditunggu tim kuat Australia. Duel Indonesia melawan tim peringkat 25 ranking FIFA itu akan tersaji pada Minggu (28/1) pukul 18.30 WIB atau 19.30 Wita di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar.

Dalam babak penyisihan Piala Asia 2023 di Qatar, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Indonesia menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir fase grup dengan nilai 3, hasil dari satu-satunya kemenangan melawan Vietnam. Atas hasil tersebut, Indonesia berada di posisi keempat peringkat tiga terbaik dari keseluruhan grup. Empat peringkat ketiga terbaik berhak lolos ke babak 16 besar bersama juara dan runner-up grup.  Berikut tim yang lolos babak 16 besar Piala Asia, yakni Qatar, Tajikistan, Australia, Uzbekistan, Suriah, Iran, Uni Emirat Arab, Palestina, Irak, Jepang, Indonesia, Bahrain, Korea Selatan, Yordania, Arab Saudi, dan Thailand. 7 ant

Komentar