nusabali

Gibran Gunakan Logo Anime ‘One Piece’ di Debat Cawapres, Ini Maknanya

  • www.nusabali.com-gibran-gunakan-logo-anime-one-piece-di-debat-cawapres-ini-maknanya

JAKARTA, NusaBali.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tampil dengan kejutan di debat keempat Minggu (21/1/2024) malam, yaitu menambahkan karakter anime ‘One Piece’ pada busana yang dia kenakan.

Malam itu Gibran tampil dengan lambang-lambang yang erat kaitannya dengan budaya populer dan juga karakter-karakter manga dan anime kesukaannya, yaitu One Piece dan Naruto.

Pengamat mode dari Indonesia Fashion Chamber Lisa Fitria melihat logo-logo tersebut tak hanya sekadar logo, namun, mengandung pesan tertentu.

Logo Klan Uzumaki

Logo klan Uzumaki dapat menunjukkan beberapa hal, salah satunya sebagai simbol keinginan Gibran melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo, seperti karakter Boruto, anak Naruto, yang ingin melanjutkan perjuangan ayahnya.

Di samping itu, Gibran diketahui menyukai Naruto dan mungkin hal itu juga melatarbelakangi dia untuk memasang logo klan Uzumaki di jaketnya.

"Naruto ini kan sering diremehkan, dikerdilkan, namun, mampu menjadi pemimpin. Mungkin maksudnya dia (Gibran) ingin membuktikan bahwa yang meremehkannya kelak akan tahu bahwa Gibran memiliki kemampuan untuk menjadi wakil presiden," kata Lisa.

Pin Bajak Laut Topi Jerami

Sementara itu, pin bajak laut topi jerami dari One Piece disebut Lisa sebagai cara Gibran menekankan pesan soal program hilirisasi salah satunya terkait maritim.

Dalam One Piece karakter utama bernama Luffy bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut yang dapat menguasai lautan. Pesan serupa juga ingin disampaikan Gibran bahwa dalam kepemimpinannya maritim Indonesia akan dijaga kedaulatannya.

"Kenapa dia pakai pin bajak laut? Itu mungkin maksudnya maritim kita akan dijaga. Jadi, siapa pun yang menyenggol teritorinya itu mungkin akan dilawan," kata Lisa.

Gaet Pemilih Muda

Lisa juga menilai penggunaan logo-logo yang erat dengan generasi 90-an dan generasi Z itu juga menjadi cara Gibran berkomunikasi dan menggaet para pemilih muda.

"Memang kalau dilihat generasi 90an itu eye catching (menarik perhatian), memang masih masuk untuk mewakili komunikasi generasi muda. Memang secara keseluruhan konsep dan tampilannya sama tapi dengan ada pin itu orang jadi menyorot dan pendukung-pendukungnya juga melihat hal itu," kata Lisa.

Gaya Kasual

Gibran masih tampil dengan gaya andalannya yaitu tampilan kasual memadukan kemeja biru langit dan juga celana hitam lengkap dengan sneakers-nya.

Dalam debat-debat sebelumnya, kemeja dengan warna biru langit yang dipilih calon presiden dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran dinilai menguatkan makna kesetiaan, keterbukaan, dan kebebasan sesuai dengan pesan politik yang ingin diusungnya.

Di samping itu, gaya kasual dan sederhana juga merupakan gaya andalan generasi muda masa kini.

Dengan menggunakan logo-logo anime One Piece di debat cawapres, Gibran Rakabuming Raka ingin menyampaikan beberapa pesan, yaitu:
  • - Keinginan untuk melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo;
  • - Kemampuannya untuk menjadi pemimpin;
  • - Komitmennya untuk menjaga kedaulatan maritim Indonesia;
  • - Kemampuannya untuk berkomunikasi dan menggaet pemilih muda. *ant

Komentar