nusabali

Drama Gol Bunuh Diri Selamatkan Korsel

Iran Pastikan Lolos 16 Besar Usai Atasi Hong Kong

  • www.nusabali.com-drama-gol-bunuh-diri-selamatkan-korsel

DOHA, NusaBali - Drama gol bunuh diri menyelamatkan Timnas Korea Selatan dari kekalahan di Piala Asia 2023. Ya, Korea Selatan akhirnya bermain imbang 2-2 kontra Yordania dalam partai kedua Grup E Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Doha, Sabtu (20/1) malam WITA.

Gol bunuh diri pemain Yordania Yazan Al-Arab pada injury time (90+3) membuat skor laga berakhir 2-2. Sebelunnya Korea Selatan unggul 1-0 lewat penalti Son Heung-min pada menit ke-9. Sedangkan dua gol Yordania dari gol bunuh diri Park Yong-woo (37) dan Yazan Al-Naimat (45+6).

Kegagalan mengalahkan Yordania membuat Korea Selatan tertahan di peringkat kedua klasemen sementara Grup E Piala Asia 2023. Son Heung-min dkk meraih empat poin dari dua laga. Sedangkan Yordania tetap di puncak Grup E dengan empat poin dari dua laga, unggul selisih gol atas Korsel.

Peluang Korsel dan Yordania lolos babak 16 besar sangat terbuka lebar, entah itu sebagai juara grup, runner-up grup, maupun empat tim peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, Iran memastikan diri lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Hong Kong 1-0 pada laga Grup C di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Qatar, Sabtu (20/1) dinihari WITA. Gol kemenangan Iran dicetak pemain sayap Mehdi Ghayedi.

Hasil itu membuat Iran menempati posisi pertama klasemen sementara Grup C dengan enam poin dari dua laga. Sedangkan Hong Kong menjadi juru kunci tanpa poin. Meski belum meraih poin, Hong Kong memiliki kesempatan ke babak selanjutnya jika mampu mengalahkan Palestina pada laga terakhir fase grup.

Secara statistik Iran mendominasi jalannya laga dengan mencatatkan 74 persen penguasaan bola dan melepaskan total 10 tendangan yang dua diantaranya tepat sasaran.
 
Peluang pertama dalam laga ini milik Hong Kong ketika Matt Orr memanfaatkan kesalahan pertahanan untuk mendapatkan bola di tepi kotak penalti dan mengirimkan tendangan kaki kiri yang dapat diselamatkan kiper Alireza Beiranvand.

Iran unggul saat Milad Mohammedi memberi umpan kepada Ghayedi di sayap kiri. Ghayedi dengan lihai melepaskan tendangan melengkung ke sudut jauh bawah untuk mencetak gol sehingga skor berubah 1-0, yang bertahan hingga akhir laga.

Selanjutnya Iran akan memperebutkan status juara grup saat berjumpa Uni Emirate Arab pada Selasa (23/1), sedangkan Hong Kong melawan Palestina yang digelar pada jam dan hari yang sama. ant

Komentar