nusabali

Pimpin Klasemen, Thailand Puas dengan Lini Serangnya

  • www.nusabali.com-pimpin-klasemen-thailand-puas-dengan-lini-serangnya

DOHA, NusaBali - Pelatih tim nasional Thailand Masatada Ishii puas dengan performa dan ketajaman lini serangnya dalam laga pembuka Grup F Piala Asia 2023 Qatar, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Selasa (16/1) malam. Ya, Thailand menundukkan Kirgistan 2-0 lewat dua go Supachai Chaided.

Negeri Gajah Putih itu menjadi tim Asia Tenggara yang meraih kemengan, seiring tim lainnya kalah, yakni Vietnam kalah dari Jepang 2-4, Malaysia digebuk Jordania 0-4, dan Indonesia takluk dari Irak 1-3.

Bahkan dengan kemenangan itu, Thailand memimpin klasemen sementara grup F, unggul selisih gol atas Arab Saudi di peringkat kedua. Dan Kirgistan menempati posisi juru kunci.

"Para pemain Thailand yang kami miliki dalam skuad, mungkin ada celah di antara para pemain tetapi kami memiliki serangan yang bagus dan itu adalah sesuatu yang dapat kami bangun saat turnamen berlangsung," kata Masatada Ishii di lalam resmi AFC, Rabu.

Dua gol pemain Buriram United itu tercipta pada menit ke-26 dan ke-49. Meski menang, Masatada Ishii menilai pertandingan menghadapi Kirgistan berlangsung sulit karena menjadi laga pertama bagi timnya mulai melangkah di Piala Asia 2023.

"Kami mendapat tiga poin, jadi tentu saja kami sangat senang (dengan hasilnya)," kata pelatih asal Jepang itu.

Sementara itu, kekalahan atas Thailand meninggalkan catatan minor bagi Kirgistan. Untuk pertama kalinya dalam lima laga pembuka Piala Asia, Kirgistan menelan kekalahan dengan selisih margin satu gol.

Pelatih Kirgistan, Stefan Tarkovic menilai timnya kurang tampil baik di dua pertiga lapangan sehingga kesulitan untuk menguasai tempo permainan.

"Kita harus kuat dalam tiga bagian lapangan. Mungkin kami melakukannya dengan baik di antaranya," kata Stefan Tarkovic.

Sementara itu, Arab Saudi meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Oman dalam laga Grup F Piala Asia 2023 di Stadion Khalifah, Rabu (17/1) dinihari WITA. Oman unggul lebih dulu lewat gol Salaah Al-Yahyaei di babak pertama. Lalu Abdulrahman Ghareeb menyamakan 1-1 kedudukan sebelum gol kemenangan Arab Saudi dicetak Ali Al Bulayahi.

Wasit Evans Shaun Robert sempat mengecek VAR untuk memastikan Ali Al Boleahi tidak terjebak offside sebelum mencetak gol. Evans pun sempat menganulir gol tersebut karena mengira laporan wasit VAR menyebut offside. 

Keputusan wasit Evans sempat membuat para pemain Oman selebrasi girang. Lalu wasit Evans mendapat komunikasi lagi dari wasit VAR, dan akhirnya dia ternyata salah interprestasi dan mengesahkannya jadi gol untuk keunggulan Arab Saudi 2-1.ant

Komentar