nusabali

Menang Dramatis Atas Newcastle, Manchester City Tempel Ketat Liverpool

  • www.nusabali.com-menang-dramatis-atas-newcastle-manchester-city-tempel-ketat-liverpool

LONDON, NusaBali - Manchester City secara dramatis menang 3-2 atas Newcastle United dalam lanjutan pekan ke-21 Liga Premier Inggris 2023/24 di Stadion St James Park, Minggu (14/1) dinihari WITA. Sukses tersebut tak lepas dari comeback Kevin De Bruyne, yang absen lama karena cedera, dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Hasil itu membawa The Citizens naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan 43 poin dari 20 laga City menempel Liverpool di puncak yang hanya unggul dua poin. Newcastle turun ke peringkat ke-10 dengan 29 poin dan telag tiga kali kalah beruntun.

Newcastle sempat mencetak gol di menit ke-2. Isak mengirim umpan ke Sean Longstaff di depan gawang yang dituntaskannya menjadi gol. Wasit mengecek VAR, gol itu dianulir karena Isak di posisi offside terlebih dulu.

Namun petaka buat ManCity. Kiper Ederson ditarik keluar pada menit ke-8 dan digantikan Ortega. Ederson mengalami benturan dengan Longstaff (saat gol Newcastle dianulir) dan akhirnya tidak bisa melanjutkan laga.

ManCity unggul dulu 1-0 lewat Bernardo Silva pada menit ke-26. Lalu Alexander Isak menyamakan 1-1 pada menit ke-35. Pada menit ke-37, Anthony Gordon menambah keunggulan Newcastle 2-1, hingga menutup babak pertama.

Kevin De Bruyne masuk menggantikan Bernardo Silva pada menit ke-69.  De Bruyne langsung mencetak gol lima menit kemudian, dan menyamakan kedudukan 2-2. City berbalik unggul 3-2 lewat pemain muda Oscar Bobb pada menit ke-90+1, memfaatkan umpan lambung De Bruyne.

Manajer ManCity, Pep Guardiola mengakui Newcastle mendorong mereka dengan keras untuk meraih kemenangan 3-2 di St James Park. Guardiola menilai, timnya mendapat banyak tekanan di St James' Park melawan Newcastle. Menurutnya, City menjadi tim yang paling mengandalkan fisik dan membuat timnya sempat kewalahan.

“Mereka melakukan transisi ketika kami kebobolan dua gol dan kiper menyelamatkan bola dan melakukan dua umpan seperti Liverpool. Tetapi yang membedakannya adalah jika kami tampil seperti hari ini, kami akan menang," kata Guardiola.

Sedangkan Oscar Bobb, yang mencetak gol penentu kemenangan, menikmati gol pertamanya di Premier League, kesuksesannya dipicu oleh De Bruyne. Sedangkan City hanya kalah sekali dalam 72 laga Premier League saat memimpin. *

Komentar