nusabali

Petugas Razia Blok Hunian Narapidana

Wujudkan Nihil Handphone, Pungli, dan Narkoba

  • www.nusabali.com-petugas-razia-blok-hunian-narapidana

TABANAN, NusaBali - Dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib), Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan melaksanakan penggeledahan di kamar Blok Hunian Warga Binaan Pemasyakatan (WBP).

Kegiatan penggeledahan melibatkan staf administrasi dan Regu Pengamanan yang sedang berdinas, Kamis (11/1).

Penggeledahan diawali dengan pengarahan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Wayan Surya Wirawan, selaku koordinator kegiatan. Dalam arahannya, Wayan Surya menegaskan penggeledahan merupakan kegiatan wajib dilaksanakan. 

Hal ini serangkaian deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam Lapas. Kegiatan ini juga merupakan upaya petugas untuk menciptakan Lapas Tabanan Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

Dijelaskan, penggeledahan juga sebagai bentuk implementasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). 

“Deteksi dini gangguan kamtib dalam upaya menciptakan Lapas Tabanan Zero Halinar serta untuk mengimplementasikan P4GN merupakan sesuatu yang harus dipedomani oleh setiap petugas Lapas Tabanan baik itu staff administrasi maupun regu pengamanan,” tegas Surya Wirawan.

Selesai pengarahan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian tugas oleh Kepala Sub Seksi Keamanan Agung Adiwiguna. Dia menunjuk dua petugas untuk menjadi Koordinator masing-masing tim penggeledahan.

Ada pun dalam kegiatan ini terdapat dua kamar hunian warga binaan yang disasar yaitu Kamar Bhisma 3 dan Kamar Bhisma 8. Dalam kegiatan penggeledahan ini barang-barang yang berpotensi menyebabkan gangguan kamtib, seperti korek api, pisau cukur, sendok besi, botol kaca, dan tali, diamankan petugas.7des

Komentar