nusabali

Bawaslu Sebut Caleg Minim Kampanye

  • www.nusabali.com-bawaslu-sebut-caleg-minim-kampanye

BANGLI, NusaBali -Massa kampanye pemilihan legislatif (pileg) sejak 28 November 2023. Namun, kegiatan kampanye yang mengundang massa masih tergolong minim. Bawaslu Bangli mencatat baru 32 kegiatan kampanye berlangsung.

Anggota Bawaslu Bangli I Nengah Purna mengatakan Bawaslu Bangli serta jajaran di tingkat kecamatan telah melakukan pengawasan kampanye. Tercatat ada di 32 titik yang tersebar di empat kecamatan.

Menurut dia, dengan jumlah tersebut masih tergolong kurang. "Belum maksimal caleg baik di tingkat kabupaten atau provinsi melakukan kampanye. Namun alat peraga kampanye (APK) marak. Semua menjadi zona kecuali yang dilarang. Mereka (Caleg) mengkampanyekan diri melalui APK tersebut," jelasnya, Sabtu (6/1).

Minimnya kampanye karena beberapa faktor. Anggota Bawaslu asal Desa Pengotan, Kecamatan Bangli ini mencontohkan, ada agenda caleg akan mengundang massa 100 - 150 orang. Namun yang hadir hanya 17 orang. Tentu hal tersebut menjadi trauma.

Nengah Purna menilai jika karena saat ini musim hujan mungkin cukup berpengaruh, selain masyarakat juga fokus untuk melakukan usaha. "Mungkin masyarakat mengedepankan perekonomian atau berkaitan dengan isi perut. Sehingga mereka tidak bisa hadir kegiatan kampanye. Mungkin kalau pelaksanaan malam hari akan lebih efektif caleg melakukan sosialisasi atau kampanye," sambungnya.

Nengah Purna, menambahkan untuk 32 titik yang pelaksanaan kampanye ada yang sebatas pemberitahuan ada pula yang sudah melengkapi surat tanda terima pemberitahuan (STTP).  "Akan lebih bagus jika mereka mengurus sampai ke kepolisian kaitannya ijin keramaian dan berkaitan STTP," kata Nengah Purna.7esa

Komentar