nusabali

Banjar Merta Rauh Kaja Rancang Ogoh-Ogoh Setinggi 5 Meter

  • www.nusabali.com-banjar-merta-rauh-kaja-rancang-ogoh-ogoh-setinggi-5-meter

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Dharma Wijaya Kusuma Banjar Merta Rauh Kaja, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, tengah mempersiapkan ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi 2024. Ogoh-ogoh tersebut dirancang sederhana, dengan tinggi sekitar 5 meter.

Ketua ST Dharma Wijaya Kusuma, I Wayan Prema Nanda, mengatakan, persiapan pembuatan ogoh-ogoh sudah dimulai sejak November 2023 lalu. Kemudian pengerjaan ogoh-ogoh dimulai pada 13 Desember 2023, dengan pengelasan besi, pembelian bahan-bahan, dan sebagainya.

"Untuk tahun ini kami hanya menonjolkan satu karakter ogoh-ogoh. Ogoh-ogohnya menggambarkan sosok raksasa yang sedang marah," kata Prema Nanda, Jumat (29/12/2023).

Prema Nanda mengatakan, ogoh-ogoh tersebut tidak akan mengikuti lomba di tingkat kota. ST Dharma Wijaya Kusuma hanya akan mengikuti lomba di tingkat desa. 

"Budget untuk pembuatan ogoh-ogoh ini masih belum pasti. Namun, untuk dana awal saat ini sudah mencapai Rp10 juta," ujar Prema Nanda.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan ogoh-ogoh tersebut adalah bambu, rotan, dan tali kemong. Ogoh-ogoh ini dirancang sederhana, tanpa sistem bongkar pasang, melainkan permanen. "Saat ini pengerjaan ogoh-ogoh sudah memasuki tahap 25-30 persen," kata Prema Nanda.

Terkait memasuki tahun politik di tahun 2024, Prema Nanda mengatakan, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi ST Dharma Wijaya Kusuma. Menurut Prema Nanda, tahun politik justru menjadi momentum yang baik untuk melestarikan budaya ogoh-ogoh.

"Dengan adanya ogoh-ogoh, sudah pasti tidak akan adanya saling sindir menyindir, karena semua pada sibuk mempersiapkan target untuk pemilu dan persiapan ogoh-ogoh," kata Prema Nanda.

Prema Nanda berharap, semua masyarakat di Indonesia, khususnya di Bali, dapat merayakan Hari Raya Nyepi dengan aman dan tentram. *m03

Komentar