nusabali

Kera Liar Resahkan Warga Denbantas

  • www.nusabali.com-kera-liar-resahkan-warga-denbantas

Warga tidak ada yang berani mendekat lantaran kawanan kera tersebut galak. Kera ini sudah mengigit anjing lebih dari 10 ekor dan merusak rumah warga.

TABANAN, NusaBali
Warga Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan, diresahkan oleh monyet liar. Monyet yang sering berkeliaran di seputaran Banjar Tuakilang Beleran dan Banjar Celagi ini sudah menggigit 10 ekor anjing dan merusak rumah warga.

Saat ini BKSDA Provinsi Bali telah melakukan perburuan terhadap monyet liar yang diduga berjumlah lebih dari dua ekor. Namun hingga saat ini keberadaan kawanan monyet tersebut belum ditemukan. Bahkan BKSDA sendiri sudah memburu hingga tiga kali, namun nihil hasil. Perbekel Desa Denbantas Ida Bagus Made Surya Prabawa mengatakan keresahan warga akan adanya monyet liar sudah terjadi sejak Oktober 2023. 

Warga tidak ada yang berani mendekat lantaran kawanan kera tersebut galak. Kera ini sudah mengigit anjing lebih dari 10 ekor dan merusak rumah warga. "Ada anjing yang sampai kakinya hampir putus digigit. Kemudian buah zakar anjing dan lehernya juga digigit," ujarnya, Rabu (3/1).

Kondisi ini pun sudah ditangani oleh BKSDA langsung. Namun kawanan monyet itu belum ditemukan. Bahkan sudah hampir tiga kali BKSDAB meluncur ke Desa Denbantas namun kawanan kera ini tidak muncul. "Warga itu sering melihat di perumahan Banjar Tuakilang Baleran dan Banjar Celagi. Mereka biasanya merusak gentengg hingga asbes rumah warga," jelas Prabawa.

Dia berharap kawanan kera ini segera bisa ditangkap. Karena sudah meresahkan warga serta mengigit anjing dan ditakutkan kera ini menyebabkan rabies.7des

Komentar