nusabali

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik

  • www.nusabali.com-hari-ini-diprediksi-puncak-arus-balik

MANGUPURA, NusaBali - Menjelang arus balik pascalibur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, melakukan langkah-langkah khusus untuk menyambut peningkatan jumlah penumpang. Pengelola bandara berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai instruksi dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

“Kami prediksi puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2024, dengan perkiraan 69.237 penumpang dan 48 permohonan jadwal penerbangan tambahan,” kata General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Senin (1/1) pagi.

Dikatakan sejak Jumat (29/12) lalu terjadi kepadatan lalu lintas di beberapa ruas jalan sekitar bandara yang berdampak pada penumpukan kendaraan di dalam bandara. Pada hari itu, tercatat 70.776 penumpang dan 41.163 kendaraan yang masuk-keluar.

“Selama posko Nataru tanggal 19-30 Desember 2023, kami telah melayani 813.303 penumpang secara keseluruhan. Pelayanan penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu (23/12) yakni 75.240 penumpang baik domestik maupun internasional,” ujar Handy.

Masih menurut Handy, pada hari tersebut pihaknya mencatat memberikan pelayanan kepada 57.992 kendaraan. Sedangkan untuk arus kendaraan tertinggi selama pembukaan posko terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah kendaraan capai 58.089 kendaraan.

“Kami akan perkuat sinergi dan koordinasi antar stakeholder, di antaranya Otoritas Bandara Wilayah IV, Kepolisian Daerah Bali, Kepolisian Resor Kawasan Bandara Ngurah Rai, Dinas Perhubungan Provinsi Bali dan Jasamarga Bali Toll untuk memastikan kelancaran operasional bandara berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Dalam upaya mengurangi kepadatan lalu lintas, Bandara Ngurah Rai bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali menyediakan layanan Shuttle Bus gratis. Layanan ini tersedia sejak 30 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, dengan tiga rute di Bali, yaitu Sentral Parkir Kuta-Bandara, Seminyak (Trans Resort)-Bandara, dan Nusa Dua-Bandara.

Shuttle bus itu akan beroperasi mulai pukul 16.00 - 21.00 WITA dan dapat diakses di area pick-up zone domestik dan internasional. Handy juga membeberkan tersedianya shuttle bus tersebut sesuai dengan instruksi dan arahan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Masih menurut dia, layanan itu juga sebagai salah satu upaya preventif terjadinya kepadatan lalu lintas sekitar dan di dalam area bandara.

“Kami harap dengan adanya layanan ini dapat memudahkan para pengguna jasa untuk mengakses Bandara Ngurah Rai. Kami juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk mengatur dan menyesuaikan waktu keberangkatan menuju bandara agar dapat tiba lebih awal sebelum waktu keberangkatan pesawat, mengingat Pulau Bali merupakan daerah tujuan utama bagi para wisatawan domestik maupun internasional pada periode Nataru,” kata Handy. 7 ol3

Komentar