nusabali

Kembang Api Diduga Picu Kebakaran Pura Dadia Baingin

  • www.nusabali.com-kembang-api-diduga-picu-kebakaran-pura-dadia-baingin

AMLAPURA, NusaBali.com - Pura Dadia Baingin, depan TK Kuncup Mekar, di Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Senin (1/1/2024) terbakar.

Kebakaran pada pukul 12.00 Wita tersebut menimpa dua palinggih beratapkan ijuk.

Kebakaran ini pun memunculkan spekulasi dipicu oleh kembang api dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024. 

Salah satu panglingsir pangempon Pura Dadia Baingin, I Gusti Putu Sujana, menyebut pada malam tahun baru di sekitar pura berkelebat cahaya kembang api silih berganti.

Ia pun menduga percikan bunga api itu jatuh lalu menetes di palinggih meru tumpang tiga. Setelah siang hari, kepulan asap mulai terlihat. Setelah ludes membakar meru tumpang tiga, menyusul membakar palinggih gedong yang ada di sebelahnya.

Pos Pemadam Kebakaran Karangasem yang menerima informasi pukul 12.30 Wita tiba di lokasi dalam waktu setengah jam berkekuatan  empat kendaraan, termasuk dua mobil tangki.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena yang terbakar adalah tumpukan ijuk. Segenap pangempon dikoordinasikan Kelian I Gusti Sumerta, bersama I Gusti Mangku Suardana, membongkar atap gedong, untuk memudahkan memadamkan kobaran api.

Api baru bisa dipadamkan pukul 15.30 Wita dengan menghabiskan 60.000 liter air.

Kelian Pangempon I Gusti Made Sumerta memaparkan, selama ini listrik di Pura Dadia Baingin dipadamkan, jika ada pamedek yang melakukan persembahyangan di malam hari, listrik baru dihidupkan, setelah selesai sembahyang listrik kembali dimatikan.

"Tidak mungkin penyebab kebakaran korsleting listrik, atau dupa. Sebab, listrik dimatikan, dan tidak ada yang mabanten sehubungan masih cuntaka," jelas I Gusti Made Sumerta.

Hadir di lokasi kejadian, Kepala Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan I Gusti Nyoman Ngurah, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Kelurahan Subagan Peltu I Komang Pujawan, anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kelurahan Subagan Aiptu I Komang Suama, dan segenap krama pangempon.*k16

Komentar