nusabali

Arteta Kecewa Luar biasa

Dipermalukan West Ham, Arsenal Gagal ke Puncak

  • www.nusabali.com-arteta-kecewa-luar-biasa

Arteta mengaku sangat-sangat kecewa dengan hasil minor tersebut. Namun Arteta menegaskan The Gunners harus segera melupakan kekalahan dan bangkit di kandang Fulham, Minggu malam besok.

LONDON, NusaBali
Arsenal gagal kembali ke puncak klasemen sementara Premier League, setelah kalah 0-2 dari West Ham United. Hasil minor itu membuat manajer The Gunners, Mikel Areteta mengaku sangat kecewa yang luar biasa dan tiada tara.

Pasalnya, bertanding di Stadion Emirates, Jumat (29/12) dinihari WITA, The Gunners langsung tancap gas, dan melepaskan 30 tembakan, dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang. Delapan peluang bagus diperoleh The Gunners, lewat aksi Bukayo Saka (3', 30', 78'), Gabriel Jesus (65'), Leandro Trossard (74'), Emile Smith Rowe (86'), Eddie Nketiah (89'), dan Martin Odegaard (90'). 

Namun, tak ada satu pun peluang emas itu berbuah gol. Arsenal pun akhirnya kalah 0-2 dari West Ham lewat Tomas Soucek pada menit ke-13 dan Konstantinos Mavropanos (55).

Kekalahan itu membuat Arsenal gagal kembali ke puncak klasemen sementara Premier League. The Gunners tertaha di urutan kedua dengan 40 poin, terpaut dua angka dari Liverpool (42) di posisi teratas.

Sedangkan West Ham naik ke peringkat enam dengan 33 poin. The Hammers tertinggal tiga angka dari Tottenham Hotspur di atasnya, yang semalam dikalahkan Brentford 2-4.

Bagi Arsenal, hasil minor itu memperpanjang tren minor dalam empat laga terakhir di Premier League. Yakni hanya satu kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengaku sangat-sangat kecewa dengan hasil minor tersebut. Namun Arteta menegaskan The Gunners harus segera melupakan kekalahan itu dan bangkit pada laga selanjutnya di kandang Fulham, Minggu (31/12) malam, pukul 22.00 Wita.

"Hari ini adalah malam yang mengecewakan. Kami harus bangkit untuk pertandingan besar melawan Fulham," lanjutnya.

Sedangkan di sisi lain, sukses mempermalukan Arsenal 0-2 tak lepas dari keberhasulan taktik dan strategi Moyes membuat West Ham bertahan dengan sempurna.

Laga tersebut punya arti sangat penting bagi West Ham. Sebab, mereka menghentikan laju positif Arsenal di kandang. Lalu Moyes juga mematahkan 'kutukan' Stadion Emirates. Setelah 22 lawatan ke Emirates tidak berujung kemenangan, Moyes akhirnya menang pada laga ke-23.

Meski lebih sering dalam tekanan, Moyes mampu memaksimalkan potensi dan nirbobol hingga laga usai. Apalagi Arsenal bermain sangat agresif. WhoScored mencatat, Arsenal melepas 406 umpan di area pertahanan West Ham dan juga melepas 30 shots. Namun, dari semua peluang Arsenal gagal berbuah gol. 

Hal itu bukan sematar keberuntungan, tetapi cara bertahan West Ham yang sangat rapat dan dalam. Moyes membiarkan lawan menguasai bola, bahkan menekan hingga kotak penalti. Arsenal melepas 77 umpan di kotak penalti lawan. Namun, banyak pemain West Ham di sana sehingga shots pemain Arsenal diblok (10) dan tidak akurat (12).

"Sepak bola dimainkan dengan berbagai cara dan ini penampilan bertahan yang brilian. Kami melakukan pekerjaan bagus untuk mencegah mereka bikin gol," kata David Moyes..*

Komentar