nusabali

Cedera Sembuh, Jordi Amat Gabung TC Timnas

Naturalisasi Haye Diproses, Nathan dan Idzes Ikut Kualifikasi Piala Dunia

  • www.nusabali.com-cedera-sembuh-jordi-amat-gabung-tc-timnas

ANTALYA, NusaBali - Jordi Amat sudah bergabung dengan para pemain Timnas Indonesia dalam TC di Antalya, Turki pada Kamis (28/12) dinihari Wita. Lalu esoknya pada hari Jumat (29/12) sudah berlatih bersama pemain Timnas Indonesia. Jordi Amat mengaku kondisinya saat ini sudah bagus.

"Saya dalam kondisi bagus. Sebelumnya saya menjalani perawatan di Spanyol. Jadi, kondisi bahu saya semakin baik saat ini," kata Jordi Amat.

Jordi Amat mengaku sudah lama cedera. Namun, bek Timnas Indonesia itu rela menahan rasa sakit saat membela Johor Darul Takzim dan dibantu obat pereda nyeri dalam 3-4 pertandingan.

"Sebab, klub punya laga penting. Saya berharap bahu saya baik-baik saja. Saat ini, saya menjalani latihan perdana dan semuanya sempurna. Jadi, saya senang bisa berada di sini," jelas pemain 31 tahun itu.

Jordi Amat mengikuti sesi latihan dalam ruangan di gym dan di lapangan. Menurutnya, seluruh pemain Timnas bekerja keras berlatih jelang Piala Asia 2023.

"Latihan sangat kompetitif. Tim bekerja baik, di lapangan, dan gym. Jadi, semua di sini bekerja keras," ucap Jordi Amat.

Sementara itu, gelandang SC Heerenvee, Thom Haye (28 tahun) tiba di Jakarta pada Kamis (28/12) petang WIB. Pemain keturunan Belanda itu mulai menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Haye pun senang tiba di Indonesia dan berbicara soal kemungkinan jadi bagian dari Timnas Indonesia di masa depan.

"Memperkuat Timnas Indonesia akan menyenangkan,dan itu akan terjadi. Saya hanya perlu menjalani prosesnya saja. Saya masih percaya diri hal itu akan terjadi," kata Thom Haye.

Selanjutnya Thom Haye disibukkan dengan berbagai agenda selama di Indonesia. Pertama dia menjalani wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN). Lalu tes kesehatan atau medical check up di rumah sakit Mitra Keluarga Cibubur, Jawa Barat. Setelah itu, kunjungan ke perwakilan kedutaan besar Belanda.

Setelah tiga proses tersebut selesai, Thom Haye harus kembali ke Indonesia pada waktu yang sudah dijadwalkan. Dia bisa melakukan sumpah janji setia menjadi WNI saat semuanya lancar.

Thom Haye lahir 9 Februari 1995 di Amsterdam. Dia pesepakbola profesional berkebangsaan Belanda keturunan Indonesia yang bermain sebagai gelandang untuk klub Eredivisie Heerenveen.

Sementara itu, anggota Exco PSSI Endri Erawan berharap dua calon pemain naturalisasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan bermain dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada Maret 2024. 

Namun menurut Erwin, PSSI akan terus berkomunikasi dengan Konfederasi Sepakbola Asia (Asian Football Confederation/AFC) terkait kemungkinan tersebut. Jika tidak memungkinkan, diharapkan Jay dan Nathan dapat bermain di putaran berikutnya.

Idzes dan Nathan memiliki peluang mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah dipastikan tidak bisa membela Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2024 karena pendaftaran pemain sudah ditutup. Pasalnya, naturalisasi keduanya disetujui DPR RI pada Desember ini.

Jay Idzes resmi jadi WNI usai menjalani sumpah pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12). Sedangkan Nathan akan menjalani upacara sumpah WNI pada Januari 2024 setelah berhalangan hadir pada pengambilan sumpah hari Kamis karena masih ada urusan dengan klubnya, Swansea City. ant

Komentar