nusabali

Ribuan Umat Iringi Upacara Melasti di Tanah Lot

Rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan

  • www.nusabali.com-ribuan-umat-iringi-upacara-melasti-di-tanah-lot
  • www.nusabali.com-ribuan-umat-iringi-upacara-melasti-di-tanah-lot

TABANAN, NusaBali - Prosesi Upacara Melasti ke Segara Tanah Lot serangkaian Karya Agung Panca Wali Krama, Mepedudusan Agung, Menawa Ratna, Memungkah, Melaspas, dan Ngenteg Linggih di Kantor Bupati Tabanan berlangsung khidmat, Jumat, (22/12).

Rangkaian upacara diawali dengan matur piuning di padmasana di Kantor Bupati Tabanan dipimpin Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan diikuti sejumlah pemangku dari Desa Adat Kota Tabanan.

Kemudian dilanjutkan dengan nedunang Ida Bhatara yang dilinggihkan atau distanakan pada joli yang diusung oleh para pejabat Pemkab Tabanan bersama  staf serta diiringi ribuan umat berbaur dengan para pegawai Pemkab Tabanan menuju Pantai Tanah Lot. 


Prosesi iring-iringan upacara melasti ini, melintasi Kota Tabanan, Grokgak Gede, Desa Adat Demung, Banjar Panti, Desa Nyintdah, Banjar Ulun Desa Beraban, dan langsung menuju Penataran Pura Luhur Tanah Lot. 

Menurut Ketua Umum Panitia Karya I Gde Susila, rangkaian upacara melasti ini dilaksanakan setelah sehari sebelumnya dilaksanakan upacara mendak siwi. "Upacara melasti ini bertujuan untuk menyucikan semua prelingga, uparengga karya, dan Ida Bhatara Tirta," ujarnya. 

Susila yang juga Sekda Tabanan menambahkan, pada upacara melasti ini juga dilaksanakan upacara pekelem ke  Segara Tanah Lot dengan persembahan atau korban suci berupa  kambing selem, bebek selem, dan siap selem. 

"Serangkaian dengan upacara melasti, juga dilakukan nunas tirta amerta atau pekuluh di tengah samudra sebagai pelengkap dan penyempurna dari seluruh tirta yang dituwur sebelumnya," tegasnya. 

Rangkaian Upacara Melasti di Tanah Lot ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Sukawati Manuaba, dari Griya Taman Sari Tabanan, dan disaksikan Oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan beserta istri, dan para pejabat dan pegawai Pemkab Tabanan, beserta ribuan masyarakat. 7des

Komentar