nusabali

Tahun Politik, KMHDI Denpasar Siap Jadi Mediator Moderasi Beragama

  • www.nusabali.com-tahun-politik-kmhdi-denpasar-siap-jadi-mediator-moderasi-beragama

DENPASAR, NusaBali - Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar melaksanakan audiensi ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Denpasar pada Kamis (21/12). Pada kesempatan tersebut, ada isu utama yang dibawa oleh PC KMHDI Denpasar, yakni tentang pentingnya konsep moderasi beragama (moderat,red) di tengah tahun politik.

Audiensi diterima Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar Ida Bagus Ketut Rimbawan. Dalam audiensi tersebut, Ketua PC KMHDI Denpasar I Dewa Gede Darma Permana mengungkapkan bahwa kedatangan PC KMHDI Denpasar membawa misi kolaborasi dengan Kantor Kemenag Kota Denpasar. 

Misi kolaborasi tersebut mengarah kepada pentingnya pembumian kembali konsep moderasi beragama secara bersama-sama di tengah tahun politik mendatang. “Tahun politik sebagai pesta demokrasi juga berpotensi memunculkan bencana. Salah satu hal negatif yang sering muncul adalah tentang politik identitas yang memakai unsur SARA (suku, agama,ras dan antargolongan). Untuk itu kami menawarkan kerjasama dengan Kantor Kemenag Denpasar dalam mengatasi tantangan tersebut,” ujar Dewa Permana. 

Lebih lanjut, dia menambahkan hal yang bisa diberdayakan bersama untuk membumikan konsep moderasi beragama di tengah masyarakat. Salah satunya melalui sosialisasi intens kepada para masyarakat melalui perantara teknologi dan media sosial. “Di era sekarang, informasi begitu cepatnya tersebar melalui media sosial khususnya di Kota Denpasar. Untuk itu ke depan kami menawarkan beberapa program kerja sebagai media sosialisasi dan pembumian konsep moderasi beragama kepada masyarakat, seperti pembuatan buku moderasi beragama, lomba video reels tentang harmonisasi, FGD tentang moderasi beragama, dan sosialisasi intens kepada sesama pemuda di Kota Denpasar,” ungkap Dewa Permana.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kota Denpasar. Ida Bagus Rimbawan mengapresiasi apa yang menjadi tujuan dan rencana kolaborasi dari PC KMHDI Denpasar. Dia pun mengatakan siap menjadi mitra PC KMHDI Denpasar untuk membumikan konsep moderasi beragama di tengah tahun politik. “Menimbang menuju tahun politik yang rawan akan politik identitas dan isu SARA. Kami siap menjadi mitra kolaborasi PC KMHDI Denpasar dalam membumikan konsep moderasi beragama di tengah masyarakat,” ujar Rimbawan.cr78

Komentar