nusabali

Petinju PON Bali Try Out ke Sumbawa

  • www.nusabali.com-petinju-pon-bali-try-out-ke-sumbawa

Enam petinju Bali diasah kemampuan dalam try out ke Sumbawa untuk meraih hasil optimal pada PON 2016.

DENPASAR, NusaBali
Enam petinju asal Bali yang meraih tiket PON Jabar XIX 2016, akan menjalani try out ke Sumbawa pada bulan Januari ini. Hanya saja, jadwal pastinya masih menunggu keterangan pasti dari pihak panitia penyelenggara. Namun, petinju yang telah meraih tiket multi event empat tahunan itu terus digenjot dalam peningkatan teknik dan skill bertanding, terutama jam terbangnya. "Arahnya kami ikut try out ke Sumbawa. Namun masih menunggu jadwal pelaksanaannya. Tapi dapat info bulan Januari ini akan digelar," ucap Komisi Teknik Pertina Bali, Gusti Alit Swandana, di KONI Bali, Senin (4/1).

Dengan masih menunggu jadwal resminya itu, kini pihaknya terus melakoni latihan rutin. Itu dilakukan guna bisa memenuhi target. "Kami memang ingin meningkatkan target. Terlebih ada pelatnas dua petinju, sisanya 4 petinju lagi. Berupaya maksimal mungkin dengan 6 petinju yang lolos PON itu," terang Adi Swandana. 

Mengingat, saat ini prestasi ukurannya sekarang yakni latihan, dan dunia tinju tidak ada peralatan jangan harap berprestasi. Artinya, petinju dengan latihan yang keras, terukur dan terarah itu akan mampu menjadi yang terbaik. Apalagi, pihaknya telah mendapat bocoran, Jabar akan mengatur strategi untuk meraih medali yang banyak. 

"Berbuat latihan keras, yang terarah dan terukur itu penting. Meskipun ini olahraga tak terukur tapi kita ukur lewat berbagai latihan dan itu tentu masih proses," tegas Adi Swandana.

Belum lagi, dalam perkembangan akhir-akhir ini tinju sangat susah prediksi. Jangankan di nasional di internasional saja seperti itu. Juara Asian Games kalah di hari pertama, dan itu menjadi pengalaman dalam meramu strategi nantinya. "Kami menyikapi lawan dengan bermain maksimal. PON Riau dapat perunggu satu. Mudah-mudahan bisa meningkat," harapnya. 

Yang paling ditekankan, yakni antisipasi kecurangan, jangan sampai dikerjain lagi. Itu bagian taktik, bermain kuat untuk menang. Apalagi, saat Pra PON tidak ada terlalu menonjol. Sehingga segala kemungkinan bisa saja semua terjadi, dan tidak mau sesumbar guna menghindari faktor non teknis itu.

Dimana, enam petinju yang lolos ke PON yang akan diajak try out yakni, Kornelis Kwangu Langu kelas layang (49 kg), Julio Bria kelas terbang (52 kg), Valentinus Nahak kelas layang ringan (46 kg), Jacky Riwu kelas welter ringan (60 kg), Tio Pilo kelas menengah (70 kg) dan Gories kelas ringan (60 kg).7dek

Komentar