nusabali

Sugawa-Geredeg-Yuli Artini Kompak di Karangasem

Kunker Penanganan Longsor di Pura Lempuyang Luhur

  • www.nusabali.com-sugawa-geredeg-yuli-artini-kompak-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry kompak turun bersama kader Golkar di Kabupaten Karangasem, Jumat (16/12). Sugawa Korry didampingi Wayan Geredeg dan Ni Putu Yuli Artini terjun bareng menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait penanganan longsor di Pura Penataran Lempuyang Luhur di Desa Purwayu, Kecamatan Abang, Karangasem.

Geredeg adalah Bupati Karangasem periode 2005-2010 dan 2010-2015. Mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem selama dua periode ini adalah Calon DPD RI dapil Bali di Pemilu 2024. Sementara Yuli Artini adalah Anggota DPRD Bali dapil Karangasem yang tarung kembali di Pileg 2024. 

“Kami kunker ke Pura Lempuyang Luhur meninjau penanganan longsor di sisi utara Pura. Pak Geredeg dan Putu Yuli Artini sama-sama tokoh Karangasem kita ajak turun menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Sugawa Korry di Denpasar, Sabtu (16/12).

Sugawa Korry mengatakan, kunker sekaligus serap aspirasi di Pura Lempuyang Luhur dihadiri perwakilan Majelis Alit Desa Adat Kecamatan Abang, tokoh dari Desa Adat Purwayu, Ngis, Culik, Basang Alas hingga Desa Adat Tista. 

Menurut Sugawa Korry, fasilitasi penanganan longsor berawal ketika tahun 2022 lalu dirinya bersama kader Golkar Bali melaksanakan tirtayatra di Pura Lempuyang Luhur. Saat berdialog dengan Bendesa Adat Purwayu dan Tista disampaikan aspirasi adanya potensi longsor yang harus ditangani. “Persoalan ini sebenarnya sudah beberapa kali diusulkan ke Pemprov Bali. Namun belum ada tindaklanjut. Setelah kita tinjau kondisi di lapangan, memang sangat membahayakan Pura,” kenang Sugawa Korry. 

Atas kondisi itu, Sugawa Korry menyebutkan dirinya lantas berkoordinasi dengan Gubernur Bali dan instansi terkait yang akhirnya dipasang anggaran Rp 7,4 miliar di tahun 2023. “Sekarang tahap pengerjaan dan penyelesaian. Kita turun dalam kapasitas pimpinan DPRD Bali. Pengerjaan telah berjalan dengan baik,” ujar politisi asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Selain kunker terkait penataan Pura Lempuyang Luhur, Sugawa Korry juga menerima aspirasi dari 8 desa adat di Kecamatan Abang. Aspirasi tersebut terkait dengan tempat melasti di Pantai Amed yang terancam abrasi. “Setiap melasti masyarakat kesulitan melaksanakan kegiatan, karena abrasi dan perkembangan pariwisata. Kami akan segera tindaklanjuti bersama instansi terkait untuk mencari solusinya,” ujar Sugawa Korry.n nat

Komentar