nusabali

Finis Sempurna, Bayer Leverkusen Favorit Juara

Tiga Tim Inggris Juara Grup, Brighton Geser Marseille

  • www.nusabali.com-finis-sempurna-bayer-leverkusen-favorit-juara

LEVERKUSEN, NusaBali - Bayer Leverkusen menjadi satu-satunya tim yang mampu menyapu bersih semua pertandingan di fase grup Liga Europa 2023/2024. Leverkusen meraih 18 poin dari 6 laga. Bahkan pada laga Jumat (15/12) dinihari WITA, di Bay Arena, Leverkusen menggilas tim tamu Molde 5-1.

Meski sudah lolos, mereka tidak mengendurkan tekanan di depan pendukung sendiri. Padahal, pelatih Leverkusen Xabi Alonso menurunkan tim lapis kedua. Meski demikian, Leverkusen langsung menggebrak dan unggul cepat lewat gol Patrik Schick di menit ke-6.

Leverkusen di atas angin usai menambah dua gol lewat Edmond Tapsoba (22') dan bunuh diri Martin Ellingsen (25'). Skor 3-0 bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Adam Hlozek memborong dua gol di menit ke-60 dan 70. Molde sempat mencetak gol lewat Eric Kitolano (75). Skor 5-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Kemenangan itu yang keenam bagi Leverkusen di fase grup. Artinya, mereka menyapu bersih setiap pertandingan, mencetak total 19 gol dan kebobolan 3 gol. Leverkusen pun menjadi satu-satunya tim yang finis sempurna di fase grup Liga Europa musim ini.  Tim-tim lain maksimal meraih 15 poin, seperti West Ham dan Slavia Praha.

Laju positif ini jadi pembuktian Leverkusen sebagai tim yang harus diwaspadai musim ini. Memang, Leverkusen sudah mencuri perhatian sejak awal musim. Mereka juga tampil luar biasa di Bundesliga.

Musim ini Leverkusesn tampak mulai matang, dan menyuguhkan permainan solid. Taktik Xabi berhasil membuat permainan Leverkusen kian agresif.

Perkembangan pesat ini membuat Leverkusen disebut-sebut sebagai favorit juara Liga Europa musim ini. Memang kompetisi masih panjang, tapi sejauh ini segalanya tampak mendukung.

Setelah semua laga fase grup Liga Europa 2023/2024 selesai dimainkan, delapan tim juara grup lolos ke putaran. Lalu delapan tim peringkat kedua akan menjalani laga playoff melawan delapan tim peringkat ketiga Liga Champions.

Sementara itu, tiga tim Inggris di Liga Europa, yaitu Liverpool, West Ham, dan Brighton melaju sangat baik dan lolos ke 16 besar. Ketiga tim tersebut finis sebagai juara grup dan merebut tiket lolos langsung, tidak perlu lewat jalur play-off.

West Ham di puncak Grup A, dengan 15 poin. Brighton menyalip Marseille pada matchday terakhir, 13 poin. Liverpool kalah di matchday terakhir, tapi tetap finis di puncak klasemen dengan 12 poin.

Sedangkan di Conference League, Inggris diwakili Aston Villa yang satu grup dengan Legia Warsawa, AZ Alkmaar, dan Zrinjski. Villa juga finis sebagai pemuncak klasemen dengan 13 poin dan lolos langsung ke 16 besar. Peluang juara pun terbuka lebar. *

Tim Juara Grup UEL
West Ham United, Brighton and Howe Albion, Glasgow Rangers, Atalanta, Liverpool,  Slavia Praha, Leverkusen.

Runner-up UEL (play-off)
Freiburg, Olympique Marseille, Sparta Praha, Toulouse, Rennes, AS Roma,  Qarabag

Peringkat Tiga UCL 
Galatasaray, RC Lens, SC Braga, Benfica,  Feyenoord,  Young Boys,  Shakhtar Donetsk

Komentar