nusabali

Xavi Melawan Inkonsistensi

Valencia vs Barcelona, Minggu Dinihari

  • www.nusabali.com-xavi-melawan-inkonsistensi

VALENCIA, NusaBali - Valencia akan menjamu Barcelona dalam laga pekan ke-17 LaLiga Spanyol, di Stadion Mestalla, Minggu (17/12) dinihari , pukul 04:00 WITA. Jelang laga, Valencia tercecer di papan tengah dan Barcelona mulai tertinggal dalam persaingan di papan atas.

Valencia tanpa kemenangan dalam empat laga terakhir di La Liga. Valencia kalah 1-5 dari Real Madrid, seri 0-0 dengan Celta Vigo, lalu beruntun dipecundangi Girona 1-2 dan Getafe 0-1. Tiga kekalahan itu dialami Valencia di luar kandang.

Sama seperti Valencia, Barcelona pekan lalu juga kalah, dari Girona 2-4 di kandang. Setelah itu, Barcelona ditekuk Royal Antwerp di 2-3 Liga Champions, tapi kekalahan itu tak menghalangi mereka lolos sebagai juara grup.

Valencia tak terkalahkan dalam tiga laga kandang terakhir di La Liga, sedangkan Barcelona belum terkalahkan dalam laga-laga tandangnya. Duel di Mestalla nanti sepertinya akan berlangsung ketat.

Meski demikian, performa Barcelona mulai inkonsisten, sehingga petinggi klub memanggil pelatih Xavi Hernandez. Dalam pertemuan itu dibahas masa depan Xavi bersama Los Cules. Bahkan sebuah restoran di Barcelona dipesan untuk menjadi tempat pertemuan itu.

Pada pertemuan itu Xavi Hernandez akan melakukan diskusi dengan Direktur Olahraga Barcelona, Deco. Kemudian hadir pula tangan kanan Deco di Barcelona, Alejandro Echevarria.

Deco disebut ingin meminta penjelasan Xavi terkait performa tak konsisten Barcelona itu. Penjelasan Xavi nantinya akan memengaruhi keputusan terkait masa depannya sebagai pelatih Barcelona.

Barcelona sejauh ini belum konsisten meraih kemenangan di La Liga 2023/2024. Kekalahan 2-4 dari Girona membuat Barcelona tertahan di posisi keempat klasemen sementara dengan 34 poin. Barcelona tertinggal tujuh angka dari Girona di puncak klasemen.

Adapun di Liga Champions, Barcelona sudah menyegel satu tiket 16 besar. Barcelona lolos ke fase knockout dengan modal 12 poin hasil empat kemenangan dan sekali imbang.

Petinggi Barcelona diyakini tak akan gegabah langsung memecat Xavi. Kenekatan itu hanya akan memperburuk situasi ruang ganti klub. Apalagi Xavi masih memiliki dukungan penuh dari Presiden Barcelona, Joan Laporta. *

Prediksi Starting XI 
Valencia (4-4-2): Mamardashvili; Gasiorowski, Ozkacar, Mosquera, Correira; Perez, Pepelu, Diakhaby, Foulquier; Duro, Lopez. Pelatih: Ruben Baraja.
Barcelona (4-3-3): Pena; Balde, Christensen, Kounde, Cancelo; Gundogan, Romeu, Pedri; Felix, Lewandowski, Yamal. Pelatih: Xavi.

Komentar