nusabali

Justin Hubner Dibawa ke Qatar

Jay dan Nathan Belum Dipastikan Ikut Piala Asia

  • www.nusabali.com-justin-hubner-dibawa-ke-qatar

Justin Hubner dibawa ke Piala Asia 2023. Untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, belum tahu nanti bagaimana. Tapi, sedang dalam proses dan PSSI menunggu kedatangan keduanya agar dilantik jadi WNI.

BEKASI, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan Justin Hubner dipastikan membela Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar, pada 12 Januari-10 Februari 2024. Namun Shin belum dapat memastikan nasib Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On karena proses naturalisasinya masih belum usai.

Ya, Justin Hubner menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 6 Desember lalu.  Sedangkan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On masih harus diambil sumpah kewarganegaraan RI. 

"Justin Hubner bisa dibawa ke Piala Asia 2023. Untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, belum tahu nanti bagaimana. Tapi, sedang dalam proses," ujar Shin Tae-yong di Bekasi, Kamis (14/12).

Untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, PSSI menunggu kedatangan keduanya ke Indonesia agar dilantik sebagai WNI.  Selain berlatih di Turki, Indonesia juga akan beruji coba lawan Timnas Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya. 

Sesudah itu, Indonesia akan menjajal kekuatan Iran di Qatar pada 9 Januari 2024. Indonesia masuk Grup D Piala Asia 2023 dan tergabung bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Sebelum berlaga di Piala Asia, Timnas Indonesia lebih dulu menggelar pemusatan latihan (TC) di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024. Shin berencana membawa 30 pemain dalam TC di Turki, yang akan mengerucut jadi 23 nama.

"Kira-kira 30 pemain yang dibawa ke (pemusatan latihan) di Turki. Setidaknya tanggal 1 Januari itu paling telat semua pemain akan bergabung," kata Shin.

Shin Tae-yong mengungkapkan saat ini terdapat sebanyak 50 pemain yang dipanggil ke skuad tim Garuda dan telah didaftarkan ke Piala Asia 2023. Namun dari 50 nama tersebut nantinya akan dipangkas untuk diberangkatkan di TC Turki yang berlangsung pada 20 Desember mendatang.

"Memang akan ada persiapan pemusatan latihan ke Turki pada 20 Desember. Untuk persiapan sudah siap. Ada 50 pemain untuk daftar pertama (di Piala Asia 2023)," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Di antara 50 pemain yang telah didaftarkan, Shin Tae Yong mengkonfirmasi Justin Hubner dapat bergabung dengan tim Merah Putih dalam serangkaian pemusatan latihan nanti. 

Selama di Turki, Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni dua pertandingan uji coba menghadapi timnas Libya yang akan melangsungkan dua pertandingan pada 2 Januari dan 5 Januari.

Seusai menghadapi Libya, Indonesia akan terbang ke Qatar dan melakoni pertandingan uji coba terakhir menghadapi Iran pada 9 Januari.

"Setahu saya tetap jadi tanggal 9 Januari (menghadapi Iran). Sejauh ini sudah ada koordinasi dengan federasi Iran. Untuk lawan Libya tidak ada lawan lagi yang bisa dicari selama di Turki. Untuk di Doha memang kemarin2 yang bisa kami cari cuma Iran saja," kata Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan berada di Turki hingga 6 Januari mendatang. Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang. Indonesia tergabung di grup D bersama dengan Irak, Jepang dan Vietnam. ant

Komentar