nusabali

Pangdam Udayana Ziarah ke TMP Pancaka Tirta

  • www.nusabali.com-pangdam-udayana-ziarah-ke-tmp-pancaka-tirta
  • www.nusabali.com-pangdam-udayana-ziarah-ke-tmp-pancaka-tirta

DENPASAR, NusaBali - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi pimpin rombongan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta Tabanan, Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken, Kecamatan/KabupatenTabanan, pada Kamis (14/12) pagi. Ziarah tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78.

Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin langsung oleh Pangdam. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan penghormatan akhir. Selanjutnya, para peserta dan undangan ziarah rombongan melakukan tabur bunga di area TMP tersebut.


Kegiatan ziarah rombongan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tersebut bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi penerus harus memupuk jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan NKRI.


Untuk diketahui, peringatan Hari Juang TNI AD yang sebelumnya bernama Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri merupakan peringatan peristiwa heroik pertempuran Ambarawa yang berakhir dengan kemenangan gemilang dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Perang kala itu dipimpin langsung oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Kemenangan tersebut diabadikan dalam bentuk Monumen Palagan Ambarawa.

"Oleh karena itu upacara ziarah rombongan ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendharmabaktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya," ungkap Pangdam. 7 pol

Komentar