nusabali

Penanaman Pohon di Mantu Cager Bendungan Bendel

Upaya Pulihkan Lahan Kritis dan Cegah Banjir

  • www.nusabali.com-penanaman-pohon-di-mantu-cager-bendungan-bendel

NEGARA, NusaBali - Puluhan personel dari Polsek Melaya, TNI Koramil 1617-03 Melaya, dan UPTD KPH Bali Barat, serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat, menggelar kegiatan penanaman pohon di Mantu Cager Bendungan Bendel Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (13/12).

Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan lahan kritis di area bantaran Sungai Mantu Cager Bendungan Bendel. Dengan melibatkan masyarakat dalam penanaman pohon, diharapkan dapat memberikan contoh positif dan mendorong kesadaran untuk menjaga lingkungan serta mencegah potensi bencana banjir.

Jenis pohon yang ditanam mencakup pohon cempaka, pohon mahoni, pohon gemelina, dan pohon indigo pera. Penanaman dilakukan secara menyeluruh di sekitar bantaran sungai.

Kegiatan dimulai dengan apel yang dipimpin oleh Danramil 1617-03 Melaya, Kapten Inf I Ketut Widiana, didampingi oleh Kapolsek Melaya AKP I Komang Muliyadi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah bantaran sungai. Dengan adanya penanaman pohon, diharapkan dapat mencegah terjadinya erosi dan banjir,” kata Danramil 1617-03 Melaya Kapten Inf I Ketut Widiana.

Kapolsek Melaya AKP I Komang Muliyadi menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Harapannya, kegiatan semacam ini dapat terus digalakkan dan diikuti oleh lebih banyak komunitas, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat Bali,” kata AKP I Komang Muliyadi.

Selama pelaksanaan, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Semua peserta dengan penuh antusiasme berkontribusi dalam usaha bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan.7

Komentar