nusabali

Mampu Bersaing di Eropa, Arsenal Diminta Tak Takabur

  • www.nusabali.com-mampu-bersaing-di-eropa-arsenal-diminta-tak-takabur

LONDON, NusaBali - Arsenal bermain imbang 1-1 dengan PSV Eindhoven untuk mengakhiri kiprah di fase grup Liga Champions musim ini pada Rabu (13/12) dini hari WITA, di Stadion Phillips. Pelatih Arsenal Mikel Arteta, meyakini tim asuhannya telah memperlihatkan banyak hal untuk membuktikan dapat bersaing lagi di kompetisi elite Eropa itu.

Arsenal sukses mencuri satu poin dalam lawatannya ke markas PSV Eindhoven dalam laga terakhir Grup B Liga Champions 2023/2024. Eddie Nketiah sempat membawa Arsenal unggul lebih dulu di Phillips Stadion hingga akhirnya tim tuan rumah membalas lewat gol Yorbe Vertessen.

The Gunners mengamankan posisi juara grup, menyelesaikan enam laga dengan 13 poin. PSV ikut lolos ke 16 Besar sebagai runner-up dengan sembilan poin. Arsenal lolos ke 16 besar dan kembali ke level elite sepakbola Eropa. Sebelumnya mereka sempat absen selama tujuh tahun 

"Secara keseluruhan, saya pikir sangat positif. Setelah tidak mengikuti kompetisi ini selama enam atau tujuh tahun dan memiliki tim yang tidak banyak pengalaman, saya pikir kami telah bersaing dengan sangat baik," ujar Arteta.

Arteta tercatat menjadi pelatih termuda ketiga pada Liga Champions 2023/2024. Saat ini pelatih yang mulai menangani The Gunners sejak paruh musim 2019/2020 menginjak usia 41 tahun. Hingga kini dia memimpin Arsenal dalam 190 laga di semua ajang kompetisi dengan torehan 110 kali menang, 33 kali imbang dan 47 kali kalah. 

Pelatih asal Spanyol ini mengungkapkan pencapaian Arsenal selama Liga Champions musim ini layak diapresiasi. Meski terhitung mulus, Arteta nyatanya ingin memperingatkan anak asuhnya untuk tidak takabur.

"Kami harus merasa sangat senang dengan pencapaian ini. Sekarang kami harus menutup babak ini hingga Februari dan memastikan bahwa ketika babak tersebut dibuka kembali, kami berada di posisi terbaik untuk bersaing dengan tim papan atas lainnya," ujar Arteta. *

Komentar