nusabali

Lawan Terengganu, Bali United Turunkan Pelapis

  • www.nusabali.com-lawan-terengganu-bali-united-turunkan-pelapis

TRENGGANU, NusaBali - Bali United FC dipastikan sudah tidak mungkin  lolos ke semifinal zona Asia Tenggara AFC Cup 2023/2024.

Hal ini terlihat dari perolehan poin skuat besutan Stefano Cugurra itu sudah tidak mungkin mengejar poin Central Coast Mariners dan Terengganu FC di grup G. Alhasil, dalam laga terakhir dalam menghadapi Terengganu FC pada Rabu (13/12), Serdadu Tridatu akan menurunkan pemain pelapis.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra tidak memiliki target besar dalam laga pamungkas ini, bahkan pelatih asal Brasil ini malah menargetkan untuk memberikan menit bermain kepada penggawanya yang masih minim jam terbang, untuk melihat perkembangan kualitas dan mental mereka. "Kami bisa pasang beberapa pemain yang jarang main inti, melakukan rotasi, buat kami bisa lihat mereka. Mudah-mudahan tim bisa main bagus di sini,  pertandingan terakhir, kami kecewa hasil ini, kami sudah tidak bisa melangkah ke fase selanjutnya" ujarnya. 

Pelatih yang akrab disapa Teco juga memprioritaskan program recovery pemain karena dalam waktu dekat bakal melakoni laga penting di kompetisi domestik Liga 1 menghadapi Persib Bandung yang merupakan penghuni posisi 2 dan 3 klasemen sementara. Sehingga, Bali United tidak banyak memboyong pemain karena fokus menghadapi Persib Bandung di pekan ke-23 Liga 1 2023/2024. Dari data, hanya ada 17 pemain yang diboyong ke Malaysia yang dibagi dalam dua kloter penerbangan. "Kami punya waktu sedikit buat persiapan tim, kami punya latihan recovery sama taktikal, kami juga coba lapangan di stadion. Kami bawa 17 pemain kali ini, ada 2 kloter pakai pesawat dari Bali ke Kuala Lumpur baru ke Terengganu, lumayan jauh," tutur Teco. 

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic menuturkan, bahwa dia dan rekan-rekan bakal memberikan perlawanan dengan bermain tanpa beban menghadapi Terengganu FC, meski sudah tidak ada peluang lolos ke fase berikutnya, namun dirinya tetap ingin menampilkan yang terbaik sebagai wakil Indonesia. "Kami senang di sini di Malaysia, saya senang kembali di sini, besok pertandingan terakhir kami di AFC, kami tetap fight meski situasi tidak baik dan kami sudah berakhir di AFC Cup kali ini, tidak ada peluang lolos, kami ingin menikmati pertandingan, kami adalah wakil Indonesia" ujarnya. 

Untuk diketahui, Bali United secara hitung-hitungan dipastikan tidak lolos fase grup setelah kalah poin dengan Phnom Penh Crown Kamboja yang kini menjadi runner up di Grup F Zona ASEAN. Di Grup F, pada matchday ke-5 Phnom Penh Crown yang menang telak atas cebu dengan skor 4-0 menambah 3 poin menjadi 12 poin, dan masih menyisakan satu laga. Dengan perolehan tambahan 3 poin, Bali United memiliki 7 poin berada di posisi ke 3 di bawah Terengganu 9 poin dan Central Coast Mariners 10 poin.

Skenario ini bisa diasumsikan walaupun Serdadu Tridatu pada matchday keenam atau laga terakhir nanti menang melawan Terengganu FC di Malaysia pun tidak akan berarti apa apa, karena 10 poin Bali United masih kalah angka dengan Pnom Penh Crown yang pada matchday ke 5 ini sudah mengoleksi 12 poin. Sehingga secara matematis, dua wakil Indonesia, Bali United dan PSM Makassar sudah bisa dipastikan tidak lolos ke fase semifinal. Ini mengulang kegagalan Bali United yang gagal lolos fase grup musim lalu.7dar

Komentar