nusabali

Ganjar Tanya Ketegasan Anies soal IKN

Ekspresif, Prabowo Ingin Berantas Korupsi hingga ke Akarnya

  • www.nusabali.com-ganjar-tanya-ketegasan-anies-soal-ikn

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari berharap pelaksanaan debat capres-cawapres yang pertama dapat meyakinkan pemilih untuk menentukan pilihan dalam Pemilu 2024

JAKARTA, NusaBali
Debat edisi perdana Capres-Cawapres 2024 berlangsung seru dan panas, Senin (12/12) malam. Debat yang digelar di Gedung KPU RI Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB atau 20.00 Wita ini dihadiri tiga pasangan Capres-Cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Salah satu yang menjadi sorotan dalam debat, yakni saat Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bertanya ke capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengenai proyek Ibu Kota Negara Nusantara (IKN). Capres Ganjar meminta komitmen Anies soal keberlanjutan IKN.

"Mas Anies, dengan berbagai kondisi yang ada di Jakarta, traffic jam, orang bermigrasi, bagaimana polusi yang jadi, saya pengin dapat statement yang clear dari Mas Anies. Apa pendapat Mas Anies ketika kemudian Indonesia-sentris ini ingin dibangun, mimpi besar Indonesia ini bagaimana untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara?," tanya Ganjar di panggung debat. Anies menanggapi bahwa masalah yang ada di Jakarta perlu diselesaikan, bukan ditinggalkan dengan cara membangun IKN baru. Masalh itu meliputi banyak hal dari lalu lintas sampai polusi.

"Kalau ada masalah, jangan ditinggalkan (tapi) diselesaikan. Itu filosofi nomor satu," jawab Anies disambut tawa. Masalah lalu lintas misalnya, Anies menilai pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN hanya akan mengurangi 4 sampai 7 persen kemacetan di Jakarta. Bila yang pindah hanya birokrat pemerintahan, maka sektor bisnis dan permukiman keluarga juga bakal tetap di Jakarta. Masalah lingkungan bakal tetap ada di Jakarta dan menunggu diatasi. "Jangan kita meniru pemerintah Belanda. Mereka punya Kota Tua (Batavia -red). Ketika Kota Tua turun (permukaan tanah), mereka ke selatan, mereka turun ke Monas. Ditinggalkan (Kota Tua itu)," kata Anies.

Soal IKN, menurut Anies itu menjadi tidak adil bila masih banyak sekolah yang rusak namun negara membangun istana untuk pemerintah. "Terkait IKN, ketika kita memiliki masalah yang masih urgen di depan mata kita, di Kalimantan sendiri kebutuhan membangun sekolah yang rusak sangat banyak," kata dia.

Foto: Ketiga pasangan Capres-Cawapres terlihat akrab sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, semalam. -ANTARA

Sementara Capres Prabowo Subianto tampak paling ekspresif semalam, baik saat menyampaikan visi-misi maupun saat menjawab pertanyaan dari Capres lain.  Prabowo menyampaikan dirinya bersama Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk memberantas korupsi hingga ke akar di Indonesia. "Prabowo-Gibran, kita akan perbaiki apa yang harus diperbaiki. Kita akan tegakkan yang perlu ditegakkan, dan kita bertekad untuk memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya," kata Prabowo. Prabowo mengatakan pihaknya memahami bahwa masih banyak kekurangan dalam pemerintahan Indonesia. Meski begitu, menurut dia, masyarakat Indonesia juga harus bersyukur di tengah dunia yang penuh tantangan dan ketidakpastian.

Dia memandang bahwa kondisi Indonesia saat ini masih aman dan terkendali. Dari aspek ekonomi, harga-harga barang di pasaran juga masih terkendali. Hal itu, menurut dia, terjadi karena Indonesia menerapkan kepemimpinan dan manajemen negara yang dinilai berhasil.

"Terjadi perang di mana-mana, di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara, kerusuhan. Indonesia masih aman, Indonesia masih damai, Indonesia masih terkendali, harga-harga masih terkendali, ekonomi untuk rakyat kita masih aman," kata dia. Meski situasi relatif aman, Prabowo mengingatkan adanya kekurangan yang terjadi di Indonesia. Situasi tersebut, menurut dia, harus disikapi dengan dewasa. Dia juga menekankan bahwa pemimpin harus memberi contoh yang baik.

"Tetapi kita harus arif, kita harus dewasa, dan kita tidak boleh munafik. Pemimpin itu ing ngarso tulodo, harus memberi contoh," tutur dia. Prabowo menegaskan bahwa program yang ditawarkan dirinya bersama Gibran memiliki tujuan yang baik. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi rakyat. Dia juga mengingatkan bahwa Indonesia membutuhkan persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu, kata Prabowo, sebaiknya tidak perlu saling menghasut dan mencela. Hal itu mesti diwujudkan demi keberlangsungan kehidupan rakyat Indonesia yang membutuhkan kesejukan dan ketenangan.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo semalam juga sempat mengingatkan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terkait kelangkaan pupuk yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. "Untuk Pak Prabowo, saya harus mengingatkan, Pak; pupuk langka terjadi di Papua, Pak; pupuk langka terjadi di Sumatera Utara, Pak; pupuk langka terjadi di NTT, NTB, Kalimantan Timur, termasuk bensin," kata Ganjar. Ganjar menyinggung hal itu karena Prabowo pernah menjabat sebagai ketua umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama dua periode.

"Mungkin, yang Bapak sedikit agak lupa, untuk saya bisa mengingatkan, karena Bapak pernah menjadi ketua (umum) HKTI, Pak," tambah Ganjar. Kini, Prabowo merupakan ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia (PTI). Menurut Ganjar, selama Prabowo menjabat sebagai ketua umum DPN HKTI, data petani di Indonesia tidak pernah beres.

Sebelumnya, Prabowo menyebutkan petani dan nelayan masuk dalam kategori kelompok rentan. Dia mengaku pernah mengelilingi Jawa Tengah di mana tempat Ganjar pernah memimpin sebagai gubernur. Prabowo mendapati para petani sulit mendapatkan pupuk. Tak hanya itu, petani pun mengaku kesulitan mendapatkan Kartu Tani. "Jadi, sebetulnya mereka ingin pupuk itu pengadaannya disederhanakan. Saya kira, Bapak mungkin bisa menjawab masalah itu, terima kasih," kata Prabowo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari berharap pelaksanaan debat capres-cawapres yang pertama dapat meyakinkan pemilih untuk menentukan pilihan dalam Pemilu 2024. "Kami berharap pada debat pertama ini calon presiden menggunakan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi serta program yang dapat meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya menjadi presiden 5 tahun mendatang," kata Hasyim.

Selain itu, dia mengharapkan masyarakat Indonesia untuk dapat menyimak visi dan misi maupun program para capres. Pada kesempatan ini, pihaknya berharap pemilih di mana pun berada melalui berbagai macam saluran penyiaran, menyaksikan dan menyimak visi dan misi, program calon presiden yang akan dijadikan bahan kampanye metode debat pada malam hari ini.

Debat pertama Pilpres 2024, semalam, merupakan debat antarcapres dan mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 7 ant

Komentar