nusabali

Badung Gelar Kejuaraan Baseball

Jaring Atlet Baru, Libatkan Siswa SD hingga Senior

  • www.nusabali.com-badung-gelar-kejuaraan-baseball

Keaktifan pembinaan atlet Perbasasi Badung ini patut dipakai contoh cabang olahraga lain, sehingga semua atlet Badung selalu siap diturunkan dalam setiap kejuaraan.

MANGUPURA, NusaBali - Pengurus Kabupaten Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Pengkab Perbasasi) Badung menggelar Kejuaraan Baseball5 Mangupura Cup IV pada 7-9 Desember. Kejuaraan tersebut bagian dari usaha menjaring atlet baru, sehingga peserta yang ikut mulai dari tingkat SD hingga atlet senior.

Ketua Panitia Kejuaraan Ketut Widia Astika menerangkan, baseball dan softball di Badung selama ini cukup memiliki prestasi, seperti pada Proprov Bali 2021 keluar sebagai juara umum. Bahkan sejumlah atlet Badung ikut memperkuat tim Bali dalam babak kualifikasi PON tahun ini. Juga satu atlet pernah masuk menjadi tim baseball Indonesia ke kejuaraan internasional di Singapura. Bahkan tujuh atlet Badung memperkuat tim Bali dalam Kejurnas pertengahan Desember ini. 

"Jadi di Badung ini memang cukup banyak melahirkan atlet baseball berprestasi," kata Widia Astika, Kamis (7/12)

Agar pembinaan terus berlanjut, kata Widia Astika, kali ini pihaknya menggelar kejuaraan yang melibatkan anak-anak sekolah. Apalagi dalam Porsenijar Bali 2023, baseball Badung juga keluar sebagai juara umum. 

Kejuaraan dibuka Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga  Disdikpora Badung Gede Suarjaya mewakili Bupati Badung. Bahkan Bupati juga memberikan bantuan hadiah dan piala bagi pemenang. 

Sementara, Ketua KONI Badung Made Nariana mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Perbasasi Badung. Pasalnya, selalu aktif dalam melakukan pembinaan atletnya di Badung. 

"Keaktifan pembinaan atlet Perbasasi ini patut dipakai contoh cabang olahraga lain, sehingga semua atlet Badung selalu siap diturunkan dalam setiap kejuaraan," kata Nariana.

Nariana pun mewanti-wanti cabor anggota KONI Badung untuk selalu melakukan regenerasi atlet, melaksanakan pembenahan pelatih, dan jika perlu  mengganti pengurus yang tidak aktif. Kemajuan olahraga di Badung hendaknya selalu menjadi contoh bagi daerah lain di Bali. "Apalagi selama ini sudah menjadi juara 9 kali berturut-turut di Porprov Bali," kata Nariana

Nariana juga mengaku dalam Porprov Bali 2025, Badung masih berambisi menjadi juara umum ke -10 kalinya. Karena itulah, Nariana berharap para atlet sejak saat ini terus dipersiapkan agar prestasi meningkat, dengan meningkatkan fisik, teknik dan mentalitas. 

Nariana juga tidak memungkiri pada 2024 dana pembinaan bagi cabor akan dipergunakan mempersiapkan atlet untuk Porprov 2025. "Program utama KONI Badung tahun 2024 ikut mensukseskan PON 2024 dan persiapan atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi Bali 2025," kata Nariana. dar

Komentar