nusabali

Gedung Kesenian Diusulkan Dihibahkan ke Undiksha

Dukungan untuk Pengembangan FK Undiksha

  • www.nusabali.com-gedung-kesenian-diusulkan-dihibahkan-ke-undiksha

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja tengah mengembangkan Fakultas Kedokteran (FK). Wacana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Undiksha untuk kepentingan laboratorium pendidikan dokter pun sempat muncul. Namun hal itu tampaknya belum bisa terealisasi dalam waktu dekat karena masih terkendala lokasi lahan

Salah seorang tokoh masyarakat Buleleng, Ida Bagus Puja Erawan mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menghibahkan Gedung Kesenian Gde Manik untuk digunakan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Undiksha. Gedung Kesenian dianggap strategis sebagai Rumah Sakit Pendidikan Undiksha. Mantan birokrat Pemkab Buleleng ini berharap agar Pemkab Buleleng memberikan dukungan konkret dalam pengadaan laboratorium untuk mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha. Dirinya menekankan peran vital Undiksha sebagai kampus yang menjadikan Kota Singaraja sebagai Kota Pendidikan.

Foto. Tokoh Masyarakat Ida

Bagus Puja-Erawan. ZAKKY

“Perjalanan dari non-universitas menjadi universitas, lokal menjadi nasional, dan internasional Undiksha di kancah pendidikan telah membawa kemajuan luar biasa. Undiksha mencetak puluhan profesor setiap tahun dan menjadi pilihan utama bagi mahasiswa dari berbagai daerah,” ujarnya ditemui, Kamis (7/12). Puja Erawan menyoroti langkah positif Undiksha yang mulai membangun Fakultas Kedokteran khususnya dengan branding kedokteran pariwisata. Namun, dalam upaya pengembangan tersebut, muncul hambatan terkait kebutuhan laboratorium, sebagai penunjang perkuliahan.

“Kedokteran memerlukan laboratorium dan Gedung Kesenian lokasinya cocok, berada di tengah Undiksha dan terintegrasi. Akan menjadi manfaat bagi anak-anak ke depan. Sudah saatnya Pemerintah Daerah memberikan dukungan, mungkin melalui sistem tukar guling atau cara lain,” lanjut dia. Menurutnya, keberadaan Undiksha memiliki dampak multi-lapis dalam berbagai aspek, tidak hanya pendidikan tetapi juga ekonomi masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Ketua LSM Pemerhati Pembangunan Masyarakat Buleleng, Gede Anggastia. Ia berharap Pemkab Buleleng dapat merespons permintaan ini dengan serius. Mengingat peran strategis Undiksha dalam mengangkat citra Buleleng sebagai Kota Pendidikan yang berkualitas. “Ini adalah langkah strategis untuk memperbesar peran Undiksha dalam menggerakkan pendidikan. Semestinya, Pemkab mengambil langkah untuk memajukan Kota Pendidikan ini," katanya. 7 mzk

Komentar