nusabali

Arsenal dan Real Madrid ke 16 besar

Diimbangi Galatasaray, Nasib MU di Ujung Tanduk

  • www.nusabali.com-arsenal-dan-real-madrid-ke-16-besar

LONDON, NusaBali - Arsenal dan Real Madrid memastikan tiket 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B setelah menang besar 6-0 atas tamunya Lens, di Stadion Emirates, London, Kamis (30/11) dinihari WITA.

Pasukan Mikel Arteta hanya butuh satu poin untuk ke fase gugur, tetapi mereka justru menghancurkan klub Prancis enam gol tanpa balas. Kai Havertz, Gabriel Jesus, Bukayo Saka, dan Gabriel Martinelli membobol gawang Lens dalam rentang waktu 27 menit. Lalu Martin Odegaard menambahi gol kelima sebelum turun minum, dan Jorginho mencetak gol pertamanya untuk Arsenal melalui penalti.

Dengan satu laga tersisa, The Gunners dipastikan finish di posisi pertama dengan keunggulan empat poin dari PSV Eindhoven. PSV menjadi runner up Grup B berkat kekalahan Lens dan kemenangan mereka atas Sevilla, Rabu.

Mengakhiri fase grup di posisi puncak membuat Arsenal akan memiliki keuntungan bermain di kandang pada leg kedua 16 besar. Arteta membawa Arsenal kembali ke Liga Champions setelah absen tujuh tahun. 

Pencapaian terbaik Arteta di level Eropa, yakni semifinal Liga Europa 2021. Arsenal juga memuncaki klasemen Liga Inggris, musim ini berpotensi menjadi musim yang sangat positif bagi tim London Utara tersebut.

Sedangkan Real Madrid juga lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup C setelah menang 4-2 atas tamunya Napoli, di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis dini hari Wita. 

Usai sukses tersebut, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memuji pemain bintangnya, Jude Bellingham sebagai kado terindah untuk dunia sepak bola. Ancelotti membandingkan kualitas Bellingham dengan legenda Real Madrid, Zinedine Zidane.

Pujian itu diberikan setelah Bellingham mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 4-2 El Real atas SSC Napoli. Sukses itu membuat Bellingham meneruskan penampilan gemilangnya pada musim ini dengan 15 gol dengan 4 assist.

“Kita harus ingat bahwa dia 20 tahun. Dia pemain ideal untuk sepak bola masa kini: dia punya intensitas dan mampu menguasai lapangan dengan cepat,” kata Ancelotti.

Ancelotti lalu berbicara tentang kualitas Bellingham dengan legenda Real Madrid, Zinedine Zidane. Menurutnya, kedua pemain itu memiliki keunggulannya masing-masing yang tak dimiliki satu sama lain. Menurutnya Bellingham mempunyai keahlian menemukan ruang di kotak penalti lawan, dan Zidane mahir mengolah si kulit bundar.

Sementara itu, nasib Manchester United (MU) di ujung tanduk setelah dua kali gagal mempertahankan keunggulan hingga ditahan 3-3 oleh tuan rumah Galatasaray, dalam laga Grup A Liga Champions di Stadion Ali Sami Yen, Istanbul, Kamis dinihari WITA.

Torehan satu poin membuat MU tetap di dasar klasemen Grup A dan wajib mengalahkan Bayern Muenchen pada laga terakhir  Grup A di Old Trafford untuk menjaga peluang lolos ke fase 16 besar.

Bahkan kemenangan atas Bayern tidak cukup jika Galatasaray melibas FC Copenhagen pada laga 13 Desember nanti. Atau jika juara Denmark itu mampu meraih setidaknya satu poin dalam laga terakhirnya. Sebab pada laga ketiga juara Denmark itu imbang 0-0 di kandang Bayern. ant

Komentar