nusabali

Libas Porto, Barcelona Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-libas-porto-barcelona-lolos-16-besar

BARCELONA, NusaBali - Barcelona lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024, usai melibas Porto 2-1 pada laga matchday 5 Grup H, di Estadi Olimpic Lluis Companys. Rabu (29/11) dinihari WITA. Kelolosan tersebut yang pertama bagi Barcelona setelah dua tahun.

Pada laga itu Porto sempat unggul lebih dulu lewat gol Pepe Aquino di menit ke-30. Namun, Barca mampu membalikkan keadaan melalui duo ‘Joao Portugal’, gol Joao Cancelo (32) dan Joao Felix (57).

Kemenangan ini membuat Barcelona mengamankan posisi puncak di klasemen Grup H dengan 12 poin. So, Blaugrana pun mengamankan satu tiket ke 16 besar. Satu tiket lagi dari Grup H akan diperebutkan Porto dan Shaktar Donets, yang menang 1-0 atas Antwerp. 

"Saya pikir langkah maju, kami kembali ke babak sistem gugur. Ini penting bagi klub setelah dua tahun turun ke Liga Europa. Ini penting untuk kepercayaan diri dan moral, terutama bagi para pemain,” kata pelatih Barca Xavi Hernandez, dilansir ESPN.

Selain Barcelona, tiga juga memastikan tiket ke babak 16 besar usai pertandingan Rabu dinihari Wita. Yakni, Atletico Madrid, Lazio, dan Borussia Dortmund. Keempat tim tersebut mengikuti jejak enam tim lain yang lebih dulu lolos 16 besar, adalah Bayern Munchen, Real Madrid, Real Sociedad, Inter Milan, Manchester City, dan RB Leipzig.

Atletico dan Lazio mewakili grup E. Kepastian itu diketahui setelah Lazio menang 2-0 atas Celtic dan Atletico mengalahkan tuan rumah Feyenoord 3-1. 

Sukses Atletico dan Lazio diikuti Borussia Dortmund. Die Borussen lolos setelah mengalahkan AC Milan 3-1 di San Siro. Tiga gol Dortmund dicetak Marco Reus, Jamie Bynoe-Gittens dan Karim Adeyemi. Sedangkan gol AC Milan lewat Samuel Chukwueze. Secara statistik AC Milan unggul penguasaan bola dengan 54 persen dan melepaskan total 17 tendangan, namun Dortmund dapat tampil lebih efektif.

Kemenangan ini membuat Dortmund jadi tim pertama Grup F yang lolos ke 16 besar. Dortmund memimpin Grup F dengan 10 poin dari lima laga. AC Milan nilai 5 dan jadi juru kuncu masih berpeluang ke 16 besar. 

Perebutan satu tiket 16 besar dari Grup F akan menjadi persaingan sengit Paris Saint Germain (7 poin), Newcastle United (5), dan AC Milan (5) dalam laga selanjutnya, 13 Desember. Milan menantang Newcastle, dan PSG melawan Dortmund. *


Daftar 10 Tim Lolos 16 Besar 
1. Bayern Munchen;  2. Real Madrid; 3. Real Sociedad; 4. Inter Milan; 5. Manchester City; 6. RB Leipzig; 7. Atletico Madrid; 8. Lazio; 9. Borussia Dortmund;  10. Barcelona

Komentar