nusabali

Mantan Pangdam IX/Udayana Dilantik Jadi KSAD

Menantu Dilantik, Menko Luhut Terharu dan Bangga

  • www.nusabali.com-mantan-pangdam-ixudayana-dilantik-jadi-ksad

JAKARTA, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dengan pangkat Jenderal TNI.

Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11) siang, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dipandu oleh Presiden Jokowi, Jenderal Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Jenderal Maruli. Dengan pelantikan ini Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kasad. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Hadir menyaksikan agenda pelantikan jajaran Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Maruli Simanjuntak lahir 27 Februari 1970 menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat terhitung sejak tanggal 29 November 2023 kemarin, menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang telah dilantik sebagai Panglima TNI. Lulusan Akademi Militer tahun 1992 ini berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra. 

Maruli juga merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan. Jenderal Maruli mengantongi banyak prestasi sepanjang karier militernya. Beberapa jabatan strategis yang sempat dia emban sebelum menjabat Pangkostrad, yaitu Komandan Detasemen Tempur Cakra (2002), Komandan Batalion 21 Grup 2/Sandhi Yuda (2008–2009), Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) (2009–2010), Wakil Komandan Grup 1/Para Komando (2010–2013), Komandan Grup 2/Sandhi Yudha (2013–2014), Komandan Grup A Paspampres (2014–2016), Danrem 074/Warastratama Solo (2016–2017), Wakil Komandan Paspampres (2017–2018), Komandan Paspampres (2018–2020), dan Pangdam IX/Udayana (2020-2022).

Usai pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan bahwa TNI AD selalu menjunjung tinggi sikap netral di Pemilu 2024. "Saya pikir, saya pribadi tidak akan meng-gambling-kan nama institusi AD yang sudah baik untuk hal seperti ini. Saya tidak mau, karena ini akan jadi sejarah panjang bahwa kami di TNI AD, khususnya, tidak netral dalam Pemilihan Umum," kata Jenderal Maruli  usai dilantik sebagai KSAD di Istana Negara Jakarta, Rabu kemarin. Ia memastikan bahwa TNI AD selalu menjunjung tinggi sikap netral di Pemilu 2024. Segala bentuk pelanggaran terkait itu akan direspons secara cepat melalui sanksi hukum berdasarkan bukti.

"Itu sudah pasti, karena zaman sekarang itu kan mencari bukti itu tidak sulit. Banyak orang tiba-tiba sudah ada rekaman video, jadi sangat mudah sebetulnya, kalau sudah ada bukti, ya kita pasti ada tindakan," ujarnya. Hal itu, kata Maruli, juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan pentingnya netralitas TNI di Pemilu 2024.

Dalam pesannya kepada Maruli, Presiden menyampaikan bahwa TNI AD memiliki citra baik berdasarkan hasil survei publik. "Kalau bisa ditingkatkan lebih baik dan juga mengenai netralitas yang sangat beliau tekankan," katanya menyampaikan pesan Presiden kepada jajaran TNI AD. Netralitas TNI diatur dalam ketentuan TAP MPR RI Nomor VII Tahun 2000 tentang Peran TNI dan Polri dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI). Sebagai tindak lanjut atas ketentuan tersebut, TNI membuka posko aduan untuk masyarakat yang menemukan prajurit TNI bersikap tidak netral selama tahapan Pemilu 2024 berlangsung mulai September 2023 sampai dengan 2024. Posko aduan itu tersedia di seluruh satuan dan kantor TNI yang terbesar se-Indonesia, kemudian aduan juga dapat dilaporkan masyarakat melalui kanal-kanal TNI di media sosial.

Posko Aduan Netralitas TNI itu nantinya diserahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalam waktu 1x24 jam setelah laporan diterima untuk memutuskan adanya pelanggaran pemilu atau tidak. Jika Bawaslu menetapkan aduan itu diduga kuat sebagai pelanggaran pemilu, maka akan ditindaklanjuti oleh Polisi Militer (POM) TNI untuk penegakan hukum.

Sementara ada hal menarik saat pelantikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Rabu kemarin. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan antusias menghadiri agenda pelantikan dan kenaikan pangkat Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). Antusiasme Luhut yang pulang ke Jakarta di tengah pemulihan kesehatan itu disampaikan Maruli usai agenda pelantikan oleh Presiden RI Jokowi.

"Beliau antusias mau hadir," kata Maruli saat ditanya terkait dengan kehadiran Luhut pada acara tersebut. Maruli yang memperoleh pangkat Jenderal TNI itu menyebut kehadiran Luhut tersebut merupakan undangan yang ia tujukan melalui pesan WhatsApp (WA) pada, Selasa (28/11) sore. "Saya dapat info kemarin sore. Saya WA beliau, saya sudah ditunjuk persiapan hari ini," katanya. Luhut tampak memeluk dan mengucapkan selamat kepada Maruli usai agenda pelantikan Maruli sebagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo. Luhut juga memperlihatkan ekspresi haru dan bangga.

Dalam kesempatan itu, Maruli menyampaikan pesan khusus Luhut kepada dirinya agar bekerja mewujudkan Korps Angkatan Darat yang lebih baik. "Seperti biasa, kalau Pak Luhut sudah mulai sembuh, pasti langsung perintah dan pekerjaan supaya Angkatan Darat bisa lebih baik," katanya menyampaikan pesan Luhut. Untuk diketahui, Luhut sebelumnya berada di Singapura untuk menjalani pemulihan kesehatan. Luhut menjalani perawatan di Singapura sejak Oktober 2023. Selepas menghadiri pelantikan tersebut, Maruli dan Luhut diagendakan kembali bertemu pada malam nanti. 

"Mungkin kami mengadakan acara di rumah malam ini (semalam)," katanya. Maruli mengatakan Luhut menjalani kembali pemulihan kesehatan di fasilitas kesehatan pada hari Kamis (30/11). Maruli merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan setelah menikahi putri Luhut, Paulina Pandjaitan. Dari pernikahan itu, Maruli dan Paulina memiliki dua anak, salah satunya adalah Faye Simanjuntak yang kini aktif mengkampanyekan hak anak. 7 ant

Komentar